Breaking News:

Didakwa Setubuhi Anak di Bawah Umur, Kadek Suartana Dituntut 10 Tahun Penjara

I Kadek Agus Suarnata Putra alias Dek Kaduk (23) menjalani sidang tuntutan yang digelar tertutup di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar,

TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - I Kadek Agus Suarnata Putra alias Dek Kaduk (23) menjalani sidang tuntutan yang digelar tertutup di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Selasa (18/6).

Pemuda yang masih berstatus mahasiswa di perguruan swasta di Denpasar ini dituntut 10 tahun, karena diduga melakukan persetubuhan dengan anak gadis di bawah umur.

Terkait tuntutan itu, disampaikan anggota tim penasihat hukum terdakwa.

"Terdakwa dituntut pidana 10 tahun penjara, dikurangi selama berada dalam tahanan sementara. Denda Rp 5 juta, subsidair tiga bulan kurungan," jelas Benny Hariyono selaku penasehat hukum, ditemui seusai persidangan.

Dikatakan Benny, dalam surat tuntutan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Purwanti Murtiasih, terdakwa dinilai telah terbukti bersalah melakukan tindak pidana dengan membujuk anak berinisial NLPK yang masih berumur 15 tahun untuk melakukan persetubuhan.

Menurutnya, kliennya dijerat Pasal 81 ayat (2) jo Pasal 81 ayat (1) UU Nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Dalam salinan berkas tuntutan jaksa yang diterima Benny, tertera hal memberatkan dan meringan sebagai pertimbangan jaksa mengajukan tuntutan.

Hal memberatkan, perbuatan terdakwa disebutkan sangat tercela.

Bisa merusak masa depan anak korban dan terdakwa sudah tidak peduli lagi dengan norma-norma yang hidup di masyarakat.

Sedangkan yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum, bersikap sopan dan mengakui perbuatannya serta masih muda sehingga masih bisa memperbaiki diri.

Terhadap tuntutan itu, Benny mengatakan telah mengajukan ke majelis hakim pimpinan Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi pembelaan tertulis.

Pihaknya diberi waktu seminggu oleh majelis hakim menyusun nota pembelaan.(*) 

Penulis: Putu Candra
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved