Menikmati Hamparan Sawah 'Lembah Bukit Surga Gumung' di Karangasem

Warga Desa Adat Gumung, Kacamatan Manggis, Karangasem berencana mengembangkan wisata alam

Menikmati Hamparan Sawah 'Lembah Bukit Surga Gumung' di Karangasem
Tribun Bali/Saiful Rohim
Hamparan sawah dan aliran air sungai yang bersih di Desa Adat Gumung, Kacamatan Manggis, Karangasem yang sedang dikembangkan menjadi destinasi wisata oleh warga setempat. 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Warga Desa Adat Gumung, Kacamatan Manggis, Karangasem berencana mengembangkan wisata alam berupa trekking, rafting, dan wisata budaya serta kuliner.

Ide ini muncul setelah menyadari bahwa kekayaan alam di Desa Gumung sangat berpotensi untuk dikembangkan.

Bendesa Adat Gumung, Nengah Darya mengatakan, pihaknya mulai menata lahan pribadi untuk dikembangkan sebagai wisata alam sejak 2015. Lahan yang semula berbentuk bukit ditata dengan alat berat.

"Tempat yang sudah kami tata bernama Lembah Bukit Surga Gumung. Dulu bebukitan, tapi kami tata sedikit demi sedikit dengan alat berat. Kunjungan dari lokal sudah ada, dan masih belum dipungut retribusi," kata Darya.

Lembah Bukit Surga Gumung yang saat ini sedang ditata oleh warga Desa Adat Gumung, Kacamatan Manggis, Karangasem.
Lembah Bukit Surga Gumung yang saat ini sedang ditata oleh warga Desa Adat Gumung, Kacamatan Manggis, Karangasem. (Tribun Bali/Saiful Rohim)

Ide pengembangan wisata alam bermula dari obrolan warga yang melihat wisatawan mancanegara dan lokal berdatangan ke Gumung.

Beberapa tamu mengaku takjub dengan pemandangan alam seperti hamparan sawah dan aliran air sungai yang bersih.

Wisata alam yang segera dibuat yakni trekking. Beberapa wisatawan mancanegara sudah merasakan medan. Biasanya mereka trekking dari Castala dan lewat Gumung.

Nanti rencana akan dibuat rute trekking dari Pura Puseh kemudian menyusuri sawah Gumung.

"Wisata trekking sudah kami rancang, dan rute telah diusulkan ke kelompok sadar wisata di Desa Tenganan, Kecamatan Manggis. Semoga segera terealisasi," ujar Darya.

Tak hanya trekking, desa adat juga berencana mengajak tamu lihat wisata budaya dan kuliner dengan melibatkan warga di Gumung.

Halaman
12
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved