2,3 Juta Wisman Datang ke Pulau Bali via Bandara I Gusti Ngurah Rai

Peringkat kedua tetap diduduki oleh wisatawan asal Negeri Australia, dengan sumbangan kunjungan wisatawan sebanyak 439.412 jiwa

2,3 Juta Wisman Datang ke Pulau Bali via Bandara I Gusti Ngurah Rai
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana ruang tunggu keberangkatan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali beberapa waktu lalu. 

2,3 Juta Wisman Datang ke Pulau Bali via Bandara I Gusti Ngurah Rai

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA – Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai-Bali kembali mencatat kenaikan pada kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada periode pencatatan Januari-Mei 2019.

Dari data statistik yang dihimpun, tercatat sebanyak 2.383.998 wisatawan mengunjungi Pulau Dewata via udara.

Jumlah ini mengindikasikan terdapat pertumbuhan jumlah wisatawan mancanegara dibanding dengan periode yang sama di tahun 2018 lalu, yaitu sebanyak 40.299 jiwa, atau tumbuh sebesar 2 persen.

Dengan jumlah wisatawan mancanegara tersebut pula, hingga bulan Mei ini, Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali menyumbang sebanyak 36 persen dari total target wisatawan mancanegara tahun 2019 yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Baca: Cerita I Dewa Gede Palguna, Hakim MK Berselera Musik Rock Cadas, Ini Daftar Lagunya

Baca: Made Menangis Memikirkan Nasib Depositonya Setelah OJK Resmi Cabut Izin Usaha BPR Legian

Baca: Seperti Ini Cara Polwan Lakukan Penyamaran, Rela Jadi PSK Bertarif Rp 50 Ribu Sekali Kencan

Baca: Utang Pemerintah Indonesia Per Mei 2019 Naik Jadi Rp 4.571,89 Triliun

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali, Haruman Sulaksono, menyebutkan tiga negara dengan jumlah wisatawan terbanyak masih sama seperti bulan Januari hingga April 2019.

“Negara penyumbang wisatawan terbanyak di periode ini masih sama seperti periode sebelumnya di tahun ini. China masih menempati peringkat pertama, disusul oleh Australia di posisi kedua. Posisi ketiga diduduki oleh India,” jelas Haruman ketika diminta keterangan di kantornya, Jum’at (21/6/2019).

Dengan jumlah 519.341 wisatawan, menjadikan persentase proporsi jumlah wisatawan asal China sebesar 31 persen dari total jumlah wisatawan mancanegara yang dilayani oleh Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Peringkat kedua tetap diduduki oleh wisatawan asal Negeri Australia, dengan sumbangan kunjungan wisatawan sebanyak 439.412 jiwa, yang menjadikan persentase wisatawan asal Negeri Kanguru ini sebesar 26 persen.

Menyusul Australia, India kembali menjadi negara penyumbang wisatawan mancanegara terbanyak ketiga, dengan total sumbangan sebanyak 151.959 wisatawan.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Rizki Laelani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved