Hanya 3 Orang Hadiri Sidang Tipiring, Salah Satunya Pembuang Limbah Tahu Tempe di Denpasar

Sidang tipiring pelanggar perda kebersihan dan pencemaran lingkungan di Kota Denpasar digelar di Kantor Camat Denpasar Utara

Hanya 3 Orang Hadiri Sidang Tipiring, Salah Satunya Pembuang Limbah Tahu Tempe di Denpasar
Tribun Bali/Putu Supartika
Pelaksanaan sidang tipiring pelanggar Perda kebersihan dan pencemaran lingkungan di Kota Denpasar, Selasa (25/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sidang tipiring pelanggar perda kebersihan dan pencemaran lingkungan di Kota Denpasar digelar di Kantor Camat Denpasar Utara, Selasa (25/6/2019).

Sidang dengan Hakim Gusti Ngurah Partha dan Panitera Ida Ayu Andari Utami ini sedianya akan menyidang-tipiringkan 16 orang pelanggar.

Namun yang hadir hanya tiga pelanggar.

Adapun keenambelas pelanggar tersebut yakni 12 pembuang limbah usaha tahu tempe, tiga orang perternak babi, dan satu orang yang menaruh barang dagangan di atas trotoar.

Pelanggar yang hadir di persidangan itu adalah dua pembuang limbah tahu tempe serta seorang pedagang yang menaruh barang dagangan di atas trotoar.

Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, I A Indi Kosala mengatakan, tidak hadirnya pelanggar tersebut membuktikan bahwa kesadaran masyarakat dalam hal tanggungjawab masih rendah.

"Sebenarnya 16 orang tapi yang hadir 3 orang, ini sangat mengecewakan karena masyarakat belum paham tentang penegakan hukum. Padahal sidang ini sangat diperlukan untuk memberi efek jera kepada pelaku pencemaran lingkungan," katanya.

13 pelanggar yang tidak hadir dalam sidang kali ini selanjutnya akan dijadwalkan ulang untuk ikut sidang.

Mereka akan mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Denpasar.

"Harus ke Pengadilan Negeri mereka dan buatkan jadwal ulang untuk sidang ini pada Rabu atau Jumat. Kami dari DLHK Denpasar berharap masyarakat untuk tertib dan mengikuti Perda 11 tahun 2015 tentang ketertiban umum. Ini untuk mendisiplinkan masyarakat," katanya. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved