Wawancara Khusus GM PT Telkom Denpasar, Bayun : Yang Jelas Server Telkom Gak Ada Masalah 

Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Denpasar menyebut, ada error pada pengoperasian sistem PPDB Online oleh Telkom.

Wawancara Khusus GM PT Telkom Denpasar, Bayun : Yang Jelas Server Telkom Gak Ada Masalah 
Tribun Bali/I Wayan Erwin Widyaswara
Bayun R. Rohadi, GM PT Telkom Denpasar 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR -- Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) Online tingkat SMP negeri di Kota Denpasar sempat kisruh, Senin (24/6), akibat adanya pengulangan pendaftaran.

Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Denpasar menyebut, ada error pada pengoperasian sistem PPDB Online oleh Telkom.

Untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada sistem PPBD Online tingkat SMP di Denpasar, Tribun Bali kemarin mewawancarai General Manager (GM) PT Telkom wilayah Denpasar, Bayun R. Rohadi. Berikut petikannya.

Bagaimana kesiapan Teknologi Informasi (TI) PT Telkom yg mengelola website PPDB Online?

Telkom kan punya experience (pengalaman) 5 tahun berturut-turut menyelenggarakan PPDB Online, baik itu tingkat kabupaten/kota maupun tingkat provinsi (SMK/SMA negeri).

Pengalaman Telkom sudah lebih 5 tahun sampai tahun ini, dan mencakup 70 ribu lokasi kabupaten/kota/provinsi di seluruh Indonesia. Itu sudah cukup membuktikan kapasitas Telkom untuk bisa memberikan yang terbaik dalam PPDB Online.

Kenapa banyak orang tua siswa yang masih kesulitan mengakses? Apa saja yg menjadi faktor penyebab kesulitan login? Bagaimana solusinya?

Untuk sistem PPDB Online, Telkom memang menyiapkannya. Namun regulasinya, policy, juknis (petunjuk teknis) dan juklak (petunjuk pelaksanaan) seperti syarat dan ketentuan PPDB, itu 100 persen kewenangan Disdikpora. Aturannya, regulasi dan sejenisnya itu kan mengacu Permendikbud (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan). Selain itu, Disdikpora kan juga mengumpulkan kepala sekolah terkait hal itu.

Secara teknis, berapa kapasitas server yang disediakan PT Telkom untuk melayani PPDB SMPN dan SMAN? Dengan kapasitas tersebut, bisa menampung berapa ribu akun saat login bersamaan?

Untuk spesifikasi teknis, kami mengacu pada spesifikasi teknis yang diberikan oleh dinas. Dalam hal ini mereka sendiri sudah memiliki data centre (pusat data) yang dipakai untuk menyimpan. Dan servernya minimal memiliki data centre TR3, juga harus mempunyai sertifikat ISO keamanan 27001. Jadi kami mengikuti apa yang sudah diamanatkan dan dipersyaratkan spesifikasi teknisnya oleh dinas.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved