Pesta Kesenian Bali

Disbud Bantul Suguhkan Sendratari Senapatya Kiskendha di PKB 2019

cerita yang dibawakannya ini pada intinya adalah menceritakan tentang Resi Subali yang diutus untuk mengambil Putri Tara dari kedua siluman tersebut.

Disbud Bantul Suguhkan Sendratari Senapatya Kiskendha di PKB 2019
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Penampilan dari Disbud Kabupaten Bantul, Yogyakarta di PKB ke-41 tahun 2019 di Kalangan Madya Mandala Taman Budaya (Art Center) Denpasar, Rabu (26/6/2019) sore. 

Disbud Bantul Suguhkan Sendratari Senapatya Kiskendha di PKB 2019

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Seorang gadis cantik yang digambarkan memakai pakaian keraton dengan baju berwarna hijau tersaji di Kalangan Madya Mandala Taman Budaya (Art Center) Denpasar.

Ialah Dewi Tara, putri dari Bhatara Indra yang diculik oleh siluman sapi Mahesasura dan Kerbau Lembusura.

Cerita pewayangan ini merupakan persembahan dari Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam perhelatan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 tahun 2019, Rabu (26/6/2019).

Penata tari Bima Arya Putra mengatakan, cerita yang dibawakannya ini pada intinya adalah menceritakan tentang Resi Subali yang diutus untuk mengambil Putri Tara dari kedua siluman tersebut.

Resi Subali sendiri merupakan utusan dari para dewa yang berwujud kera yang sakti mandraguna.

Dalam proses merebut Dewi Tara dari siluman sapi Mahesasura dan kerbau Lembusura terjadilah pertempuran yang maha dasyat.

Mahasiswa semester 2 Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta ini mengatakan, dipilihnya cerita ini karena mempunyai karakter yang cukup unik dan jarang dipertunjukkan.

"Karakter di cerita ini seperti siluman kerbau cukup menarik karena jarang diangkat di pertunjukkan," katanya saat ditemui awak media sebelum melakukan pertunjukkan.

Bima yang membawakan langsung peran dari Resi Subali ini menekankan, karakter yang ia bawakan jika dari berbagai versi sebenarnya adalah antagonis.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Rizki Laelani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved