Alat Berat Tambahan Akan Dikerahkan Untuk Ratakan Sampah, Penanganan Kebakaran di Eks TPA Sente

Pemkab Klungkung mengambil langkah setelah kepulan asap di eks TPA Sente dikeluhkan masyarakat

Alat Berat Tambahan Akan Dikerahkan Untuk Ratakan Sampah, Penanganan Kebakaran di Eks TPA Sente
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memanggil Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungklung Anak Agung Kirana dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Klungkung I Putu Suarta di Rumah Jabatan Bupati Klungkung, Kamis (27/6/2019). Ini untuk menangani masalah kabut asap di TPA Sente. Alat Berat Tambahan Akan Dikerahkan Untuk Ratakan Sampah, Penanganan Kebakaran di Eks TPA Sente 

Alat Berat Tambahan Akan Dikerahkan Untuk Ratakan Sampah, Penanganan Kebakaran di Eks TPA Sente

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Pemkab Klungkung mengambil langkah setelah kepulan asap di eks TPA Sente dikeluhkan masyarakat.

Kamis (27/6/2019), Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memanggil Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungklung Anak Agung Kirana dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Klungkung I Putu Suarta, di Rumah Jabatan Bupati Klungkung.

Suwirta mengintruksikan untuk mengambil langkah cepat dengan meratakan sampah, sehingga kepulan asap dari sampah dapat teratasi.

"Segera lakukan pemadaman api, lakukan tindakan perataan sampah dan dibawa ke ruang yang kosong untuk mencegah kebakaran lagi. Instansi terkait agar secepatnya bekerja untuk penanganan asap yang mengepul belakangan ini, tentu dengan penambahan alat berat. Saya sudah berkoordinasi dengan salah satu kontraktor untuk membantu alat berat," ungkap Suwirta.

Baca: Satpol PP Tutup Paksa Toko Modern karena Langgar Aturan Buka 24 Jam

Baca: Ni Komang Sukariani Nekat Lakukan Hal Tak Terpuji Saat Tidur Sekamar dengan Sahabatnya

Selain itu, ia meminta agar pemasangan intalasi penangkap gas metan segera dipasang kambali.

Hal ini agar tidak lagi ada masalah munculnya titik-titik api, yang kerap memicu kebakaran sampah di eks TPA Sente.

"Saya tidak mau menunggu lama, dan jangan sampai hal ini terjadi sehingga membahayakan masyarakat setempat. Pemerintah tengah berupaya lakukan pengolahan sampah dengan program TOSS, tapi ini tertutupi dengan situasi TPA yang terjadi saat ini," terangnya.

Pihaknya juga menugaskan dinas terkait untuk melakukan pendataan, berapa persen yang sudah taat membuang sampah dipilah dan tepat waktu.

"Sehingga nantinya bisa diambil langkah-langkah apa yang harus kita lakukan, dimana saja yang sudah taat dan dimana saja yang belum. Tentu harapan saya mulai dari kita sendiri, terutama dari kantor-kantor, rumah dinas untuk segera membuat Bangdaus (lobang daur ulang sampah), " imbuhnya.

Baca: Tangguh dan Nyaman, Honda PCX Jadi Andalan Komunitas

Baca: Cik Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Bali Capai 6,4 Persen Triwulan II-2019

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved