Jika Tak Buat PKM, Mahasiswa Unud di Jurusan Ini Terancam Tak Bisa Lulus

Seluruh mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Udayana (FP Unud) kini diwajibkan untuk membuat karya

Jika Tak Buat PKM, Mahasiswa Unud di Jurusan Ini Terancam Tak Bisa Lulus
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa 2019 yang diadakan oleh Prodi Agribisnis FP Unud di Ruang Senat Gedung Agrokompleks Lantai II, Kampus Unud Sudirman, Denpasar, Jum'at (28/6/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Seluruh mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Udayana (FP Unud) kini diwajibkan untuk membuat karya tulis berupa Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Kedepannya, PKM ini juga sebagai salah satu syarat bagi mahasiswa dalam mengajukan proposal penelitian untuk tugas akhir atau skripsi.

Jika mahasiswa tidak pernah tercatat dalam membuat proposal PKM, maka pihak kampus tidak akan melayani tugas akhir yang bersangkutan.

"Kalian (mahasiswa) akan dilayani dalam proses mengurus proposal kalau nama kalian memang ada sebagai peserta PKM," demikian penjelasan Koordinator Prodi Agribisnis FP Unud, Dr. Ir. I Dewa Putu Oka Suardi, M.Si.

Hal itu Oka Suardi jelaskan saat acara Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa 2019 di Ruang Rapat Senat Gedung Agrokompleks Lantai II, Kampus Unud Sudirman, Denpasar, Jum'at (28/6/2019).

"Kebayang tidak kalau proposal penelitian kalian tidak diterima. Tidak bisa meneruskan proses kan," kata dia menekankan kepada mahasiswa.

Pembuatan proposal PKM ini dijawabkan, kata Oka Suardi, agar dapat diikuti oleh semua mahasiswa.

Jika tidak diwajibkan ditakutkan banyak dari mereka yang mengabaikan, padahal penulisan PKM sangat penting sebagai upaya dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa.

Baginya, mahasiswa yang tanpa membuat PKM adalah mahasiswa yang tak kekinian.

"Mahasiswa yang tak buat PKM adalah mahasiswa jadul. Mahasiswa yang terkini adalah mahasiswa yang ber-PKM," tuturnya.

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved