Ingin Kuliah Sambil Kerja? Bisa! Ini 10 Keterampilan Berharga yang Bisa Anda Dapat

Kuliah sambil bekerja memang menjadi tantangan. Tetapi hal ini bisa menjadi penambah nilai yang luar biasa untuk resume Anda

Ingin Kuliah Sambil Kerja? Bisa! Ini 10 Keterampilan Berharga yang Bisa Anda Dapat
Ilustras/pexels.com/Fox
Ilustrasi - Kuliah sambil bekerja memang menjadi tantangan. Tetapi hal ini bisa menjadi penambah nilai yang luar biasa untuk resume Anda. 

TRIBUN-BALI.COM - Kuliah sambil bekerja memang menjadi tantangan. Tetapi hal ini bisa menjadi penambah nilai yang luar biasa untuk resume Anda ketika bersiap meninggalkan kenyamanan dunia akademik.

Menjadi mahasiswa yang bekerja juga membantu Anda membangun jaringan profesional lebih awal, yang akan berguna dalam proses mencari pekerjaan.

Bergantung pada minat dan bakat Anda, ada banyak pilihan pekerjaan paruh waktu dan fleksibel di mana Anda dapat mempelajari keterampilan/skill yang berharga.

Selain pekerjaan untuk mahasiswa yang umum seperti ritel, penjualan, pengiriman makanan dan sejenisnya, internet juga memberi sarana untuk mengoperasikan bisnis online dan memberikan layanan freelance kepada audiens internasional dari mana pun Anda berada.

Apakah Anda memilih untuk mengambil pekerjaan paruh waktu konvensional atau berwiraswasta, Anda akan belajar banyak keterampilan yang berharga untuk ditambahkan ke kualifikasi akademik Anda.

Mengutip JobStreet, Sabtu (29/6/2019), setidaknya ada 10 keterampilan berharga yang dapat diperoleh ketika kuliah sambil bekerja:

1. Layanan pelanggan
Sebagai salah satu keterampilan terpenting yang dapat dipelajari siapa pun, layanan pelanggan tidak hanya sesuai bagi mahasiswa yang berencana untuk memasuki profesi yang berhadapan dengan pelanggan ketika mereka lulus.

Jika Anda melihat diri Anda bekerja di perusahaan komersial apa pun yang menjual produk atau layanan, Anda akan bersyukur memiliki pengalaman menangani pelanggan.

2. Komunikasi Keterampilan
komunikasi tidak terbatas pada keterampilan bahasa, meskipun menjadi fasih berbicara jelas merupakan bonus.

Beberapa hal yang menjadikan Anda seorang komunikator yang baik misalnya terus memberikan update tentang status tugas Anda kepada anggota tim dan atasan Anda, dan juga menjaga komunikasi Anda tetap jelas dan singkat.

Halaman
1234
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved