Pegiat Media Warga Menuntut Pengakuan dan Perlindungan Hukum

Di tengah maraknya kriminalisasi terhadap media daring di Indonesia, para pegiat media warga, menilai amat penting untuk ada jaminan hukum

Pegiat Media Warga Menuntut Pengakuan dan Perlindungan Hukum
dok/ist
Sejumlah pegiat media warga bertemu di Denpasar pada Sabtu (29/6/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR -- Sejumlah pegiat media warga bertemu di Denpasar pada Sabtu (29/6/2019) membahas pentingnya perlindungan hukum bagi media warga di Indonesia.

Di tengah maraknya kriminalisasi terhadap media daring di Indonesia, para pegiat media warga, menilai amat penting untuk ada jaminan hukum bagi mereka.

Dalam rilis resmi yang diterima Tribun Bali, Pegiat media warga itu datang dari beragam daerah, terutama Jawa, Bali, dan Lombok.

Media-media warga tersebut adalah BaleBengong, Tatkala, dan Nusa Penida Media (Bali), Warta Desa (Pekalongan, Jawa Tengah), Marsinah FM (Jakarta), dan Speaker Kampung (Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat). 

Selain itu hadir pula lembaga pers mahasiswa dari Akademika dan Khlorofil Universitas Udayana (Unud), Bali serta pegiat literasi digital dari Rumah Literasi Indonesia (Banyuwangi).

Adapun dari pemerintah hadir Tenaga Ahli Menteri Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkoninfo) Donny BU.

Dari kalangan organisasi masyarakat sipil hadir ICT Watch Jakarta dan Combine Resource Institution (CRI) Yogyakarta.

Dalam diskusi itu para pegiat media warga menuntut adanya pengakuan dan perlindungan hukum bagi media warga.

Hal tersebut karena selama ini media warga rentan menjadi korban kriminalisasi menggunakan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) maupun intimadasi dari pihak-pihak yang tidak terima terhadap pemberitaan media warga.

Hampir semua elemen dari media dan pewarta warga hingga pers mahasiswa sempat mengalami intimidasi dan represi dari pihak lain.

Halaman
12
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved