Empat Pembobol Vila Diamankan Polda Bali, Dua Pelaku Jaringan Residivis

Tim Opsnal Reskrimum Polda Bali yang tergabung dalam Operasi Pekat, berhasil menangkap empat pelaku kasus pencurian di vila dan rumah warga

Empat Pembobol Vila Diamankan Polda Bali, Dua Pelaku Jaringan Residivis
Polda Bali
Empat Pembobol Vila Diamankan Polda Bali, Dua Pelaku Jaringan Residivis 

Empat Pembobol Vila Diamankan Polda Bali, Dua Pelaku Jaringan Residivis

Laporan Wartawan Tribun Bali, Rino Gale

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Tim Opsnal Reskrimum Polda Bali yang tergabung dalam Operasi Pekat, berhasil menangkap empat pelaku kasus pencurian di Villa Melati, Banjar Sogsogan, Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung.

Keempat pelaku adalah ZA (34) jaringan residivis asal Lombok Timur yang berperan sebagai otak komplotan dan masuk untuk mengambil barang milik korban, TH (34) asal Lombok Timur, PHS (36) jaringan residivis narkoba, dan NI (37).

Tim Opsnal Ditreskrimum Polda Bali dipimpin Kanit IV Subdit I Reskrimum Polda Bali Kompol Tri Joko Widiyanto menerima laporan telah terjadi pencurian di Villa Melati, Banjar Sogsogan, Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Sabtu (2/3/2019) sekira pukul 02.00 Wita.

Kronologis penakapan, berdasarkan hasil penyelidikan, tim memperoleh informasi terduga pelaku TH asal Lombok yang tinggal di kos di Desa Mambal, Abiansemal, Badung.

Baca: Ortu Siswa Datangi Ombudsman, Minta Wali Kota Denpasar Temui Mereka perihal PPDB SMP

Baca: Hari Bhayangkara, Ini Sosok Kapolri Pertama yang Berperan Membangun Polri yang Profesional

Selanjutnya, pada Kamis (27/6/2019), tim mengamankan TH di kosnya.

"Saat diinterogasi mengaku melakukan pencurian pada malam hari di Villa Melati, Banjar Sogsogan, Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, dan beberapa tempat lainnya yang ada di wilayah Badung, bersama dengan PHS dan ZA. Barang milik korban yang dicuri berupa perhiasan ditemukan di sungai belakang kos TH. Hasil uangnya pun sudah habis dibagi oleh pelaku. Sedangkan HP milik korban sudah dijual di Lombok Timur," ujarnya, Senin (1/6/2019).

Kemudian, dilakukan pencarian barang bukti dan pelaku lainnya.

ZA yang merupakan otak komplotan ini berhasil diamankan pada Jumat (28/6/2019), di rumahnya Dusun Butuk, Desa Kalianyar, Lombok Timur.

Tim kemudian melakukan pengejaran terhadap pelaku lain PHS di Jalan Cokroaminoto, Kelurahan Ubung, Kota Denpasar, dan menangkap pelaku NI di tempat kerjanya di Kediri, Kabupaten Tabanan.

Baca: Bali United Bertahan di Puncak Klasemen, Spaso: Enam Laga 16 Poin, Harus Dipertahankan!

Baca: Kurtono Menyesal Dari Surabaya ke Malang Pakai Google Maps Malah Diantar Masuk Jurang

"Saat diinterogasi pelaku mengaku melakukan pencurian di beberapa tempat, diantaranya pada tanggal 2 Maret 2019 pelaku melakukan pencurian di Wilayah Cemagi yaitu Villa Melati dan Villa Tepi Sawah. Kemudian pada tanggal 5 Mei 2019 pelaku melakukan pencurian di Villa Casadenailla Cemagi, pada tanggal 9 Mei 2019, pelaku mengaku, telah melakukan pencurian di Wilayah Banjar Bebengan Tangeb di rumah milik Made Wilantara, dan pada tanggal 11 Mei 2019 pelaku juga melakukan aksinya di rumah milik Made Sartika," jelasnya.

Kompol Tri Joko Widiyanto menambahkan, dalam menjalankan aksinya, keempat pelaku memiliki tugas yang berbeda.

"ZA berperan sebagai otak komplotan, bertugas masuk dan mengambil barang milik korban, NI bertugas menunjukkan lokasi yang akan menjadi sasaran pencurian, PHS bertugas sebagai penyedia kendaraan R4 dan mengantar pelaku ke TKP, kemudian TH bertugas membantu ZA saat melakukan pencurian," ujarnya.

"Dari tangan pelaku kami berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 buah HP Oppo F9 warna biru senja, 1 buah HP Xiaomi warna emas, 1 buah baju kaos hitam, 1 buah calana pendek warna hitam, 1 buah tas punggung warna hitam, 1 unit mobil opel blazer warna biru DK1983, 1 buah lingis, 1 buah pisau dan 1 buah penutup muka," tuturnya.(*)

Penulis: Rino Gale
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved