Wisman Kena Retribusi Mulai Hari Ini, Suwirta Ancam Jerat Hukum Penghalang Pungutan di Nusa Penida

Perda Nomor 5 Tahun 2018 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga mulai diterapkan, Senin (1/7/2019) hari ini

Wisman Kena Retribusi Mulai Hari Ini, Suwirta Ancam Jerat Hukum Penghalang Pungutan di Nusa Penida
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
RETRIBUSI WISATA - Mulai hari ini, Senin (1/7/2019) wisatawan asing yang liburan ke Nusa Penida akan dikenakan retribusi. Wisman Kena Retribusi Mulai Hari Ini, Suwirta Ancam Jerat Hukum Penghalang Pungutan di Nusa Penida 

Wisman Kena Retribusi Mulai Hari Ini, Suwirta Ancam Jerat Hukum Penghalang Pungutan di Nusa Penida

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Perda Nomor 5 Tahun 2018 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga mulai diterapkan, Senin (1/7/2019) hari ini.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengancam akan menindak dengan hukum siapa pun yang mencoba menghalangi penerapan perda ini.

Sebelumnya, rencana pererapan peraturan ini sempat memicu kontroversi terkait pungutan retribusi terhadap wisatawan asing ke Nusa Penida.

Adapun besaran retribusi yang akan dikenakan kepada wisatawan asing yakni Rp 25 ribu per orang  dewasa dan Rp 15 ribu per orang untuk anak-anak.

Pemungutan retribusi ini dipusatkan di beberapa lokasi, yakni pelabuhan Banjar Nyuh I dan Banjar Nyuh II untuk Pulau Nusa Gede. 

Sedangkan di Pulau Lembongan, pemungutan retribusi dipungut di pelabuhan Tanjung Sang Hyang dan di halaman Balai Desa Jungutbatu.

Baca: Abash Merasa Ada yang Bergerak di Perut Lucinta Luna, Jawabannya: Darah Daging Kamu Sayang

Baca: Telkomsel Raih Penghargaan Penyedia Layanan Digital Indonesia Terbaik Asia-Pasifik

"Beberapa intansi terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, dan Camat harus saling berkoordinasi untuk kelancaran pemungutan retribusi ini," ujar Suwirta saat rapat persiapan penerapan perda di rumah jabatan bupati, Minggu (30/6/2019).

Dalam persiapannya, Suwirta menitikberatkan pada tindak lanjut jika ada pelanggaran dalam penerapan perda.

Ia meminta petugas pemungut retribusi, untuk mencatat identitas lengkap, jenis pelanggaran, dan buktinya jika ada pihak-pihak yang sengaja melanggar penerapan perda ini.

Halaman
123
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved