BPJS Kesehatan

Aplikasi 'Insiden', Sinergi Antara BPJS Kesehatan dengan PT Jasa Raharja (Persero)

Aplikasi Insiden merupakan sinergi aplikasi antara BPJS Kesehatan dan PT Jasa Raharja (Persero) yang dibangun secara web based kini mudah diakses

Aplikasi 'Insiden', Sinergi Antara BPJS Kesehatan dengan PT Jasa Raharja (Persero)
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan mengadakan pertemuan terkait INSIDEN yang dihadiri oleh PT Jasa Raharja (Persero), Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bali, dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan bertempat di Ruang Pertemuan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Denpasar 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Proses koordinasi kecelakaan lalu lintas kini menjadi lebih mudah, cepat, tepat, dan akurat dengan Aplikasi Integrated System For Traffic Accidents (Insiden).

Aplikasi Insiden merupakan sinergi aplikasi antara BPJS Kesehatan dan PT Jasa Raharja (Persero) yang dibangun secara web based sehingga dapat dengan mudah diakses oleh Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang dapat diakses melalui jaringan internet.

BPJS Kesehatan mengadakan pertemuan terkait INSIDEN yang dihadiri oleh PT Jasa Raharja (Persero), Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bali, dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan bertempat di Ruang Pertemuan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Denpasar.

Acara dibuka oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Denpasar dan didampingi oleh Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Denpasar (25/6/2019).

“Dalam rangka pemberian layanan publik yang terbaik kepada masyarakat BPJS Kesehatan bersama PT Jasa Raharja (Persero) bersinergi mengembangkan aplikasi INSIDEN yang bertujuan untuk mempermudah koordinasi mengenai pasien korban kecelakaan lalu lintas antara Faskes kesehatan dengan PT Jasa Raharja (Persero). Dengan adanya Aplikasi INSIDEN ini mengurangi penundaan layanan terhadap pasien korban kecelakaan lalu lintas,” ungkap Ni Made Adhe Sugi Windariani , Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan.

Aplikasi INSIDEN sangat bermanfaat bagi korban kecelakaan lalu lintas, rumah sakit, dan tentunya bagi BPJS Kesehatan dan PT Jasa Raharja (Persero) dan sudah diimplementasikan secara Nasional sejak 18 Maret 2018.

 Pada kesempatan tersebut turut hadir Kasubag Pelayanan Klaim PT Jasa Raharja (Persero) Ahmad Ari Prasojo, serta Kepala Direktorat Lalu Lintas Polda Bali I Nyoman Sukasena.

 “Sesuai dengan amanah Undang – Undang, penjaminan korban kecelakaan lalu lintas di Indonesia dilaksanakan oleh PT Jasa Raharja (Persero) sebagai penjamin pertama dan BPJS Kesehatan sebagai penjamin kedua,” Papar Ahmad Ari Prasojo, Kasubag Pelayanan Klaim PT Jasa Raharja (Persero).

Kepala Direktorat Lalu Lintas Polda Bali I Nyoman Sukasena menyampaikan dalam hal ini tentunya tidak lupa kepada masyarakat agar tetap melapor kepada aparat kepolisian terdekat saat mengalami kecelakaan.

Sebagai masyarakat, diharapkan tertib dan taat prosedur apabila mengalami kecelakaan lalu lintas, untuk melapor kepada pihak Kepolisian tidaklah sulit.

Cukup datang saja dan laporkan sehingga dapat diterbitkan Laporan Polisi yang dapat dipergunakan untuk penjaminan kesehatan.

“INSIDEN ini sangat membantu kami dalam pemberian jaminan terhadap korban kecelakaan lalu lintas yang dilakukan langsung oleh pihak fasilitas kesehatan dengan waktu yang sangat singkat, dan rumah sakit sebagai user INSIDEN harus memahami kebijakan penjaminan KLL secara baik,” ucap Ahmad Ari menambahkan.

Manfaat INSIDEN bagi korban KLL yaitu mempermudah proses penjaminan, bagi rumah sakit yaitu memberikan informasi penjaminan korban KLL secara transparan, dan bagi BPJS Kesehatan serta PT Jasa Raharja (Persero) yaitu memberikan penjaminan menjadi lebih tepat dan akurat.

Dengan komitmen bersama, antara BPJS Kesehatan, PT Jasa Raharja (Persero) dan penyedia pelayanan kesehatan, INSIDEN dapat menjadi salah satu bukti nyata inovasi pelayanan publik bagi korban KLL.

Pihak rumah sakit sebagai user INSIDEN juga diharapkan dapat memahami kebijakan penjaminan KLL secara baik. (*)

Editor: Widyartha Suryawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved