Kisruh PPDB SMP, Ortu Siswa di Denpasar Ngadu ke Ombudsman: Pak Wali Jangan Cuma Andalkan Kadis

Tujuh orang yang mengaku sebagai perwakilan orangtua siswa mendatangi Kantor Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Bali, Senin (1/7) siang.

Kisruh PPDB SMP, Ortu Siswa di Denpasar Ngadu ke Ombudsman: Pak Wali Jangan Cuma Andalkan Kadis
Tribun Bali/I Putu Supartika
Perwakilan orangtua siswa mengadu ke Ombudsman RI Perwakilan Bali, soal kisruh PPDB SMP di Denpasar, Senin (1/7/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Tujuh orang yang mengaku sebagai perwakilan orangtua siswa mendatangi Kantor Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Bali, Senin (1/7) siang.

Mereka mengadukan kekisruhan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP di Denpasar yang dianggap merugikan anak-anaknya.

Para orang tua siswa ini pun meminta bertemu Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, untuk berdialog perihal kekisruhan PPDB SMP ini.

Wali kota diharapkan turun tangan langsung mencari pemecahan secara bersama. Tidak hanya mengandalkan Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Kadisdikpora) Kota Denpasar, I Wayan Gunawan.

Perwakilan orangtua siswa, Anak Agung Agus Eka Putra, mengatakan aduannya ke Ombudsman ini terkait zona kawasan yang ricuh.

Walaupun sudah ditambah kuota dengan menggunakan sistem NEM, akan tetapi hingga saat ini mereka mengaku belum puas.

Bahkan dianggap jalur baru dengan sistem NEM hanya pengembira semata. Buktinya, kata dia, hingga para orangtua mendatangi Ombudsman kemarin, belum ada kepastian berapa kuota yang tersedia.

Terkait jalur zona wilayah kawasan pihaknya meminta agar dilakukan reset atau dinolkan, kemudian melakukan pendaftaran ulang. Cara ini dinilai lebih fair.

Hal ini karena siswa yang sempat mendaftar jalur zona jarak terdekat baru bisa mendaftar jalur zona kawasan setelah tujuh menit waktu pendaftaran dimulai atau pukul 17.07 Wita pada Jumat (28/6) lalu.

Selain itu, ada juga orangtua siswa mendaftar lebih dulu tetapi tercatat belakangan di sistem. Mereka justru kalah cepat daripada yang mendaftar belakangan.

Halaman
123
Penulis: Putu Supartika
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved