Begini Pendapat Jusuf Kalla Mengenai Komposisi Ideal Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin

Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, komposisi kabinet baru pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin

Begini Pendapat Jusuf Kalla Mengenai Komposisi Ideal Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin
Tribun Bali/Rino Gale
Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla saat menghadiri International Reform Policy Symposium and Regional Workshop 2019 di BNDCC, Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis (14/3/2019). 

Begini Pendapat Jusuf Kalla Mengenai Komposisi Ideal Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, komposisi kabinet baru pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sedianya diisi kalangan profesional dan partai pendukung dalam jumlah yang seimbang sehingga dapat mengakomodasi keinginan politis sekaligus memenuhi kebutuhan ahli di pemerintahan.

"Akan terjadi setidak-tidaknya 'fifty-fifty' (50-50) antara menteri dari partai dan juga itu tidak berarti tidak profesional, disamping juga yang profesional non-partai," kata Kalla kepada wartawan di Kantor Wapres Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Seperti yang terjadi di Kabinet Kerja saat ini, kata Kalla, jumlah menteri dari partai politik sebanyak 15 orang dan dari kalangan ahli ada 19 orang.

Baca: Dek Kaduk Ajak Siswi SMP Berhubungan Berkali-kali di Kerobokan, Tak Gubris Peringatan Ayah Si Cewek

Baca: Gadis Belia di Denpasar Minta Dinikahi Padahal Baru Sehari Kenal, Kedua Kali Mau Diajak Intim

Ia berharap, kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin nantinya kurang lebih komposisinya demikian.

Kalla pun menilai wajar jika Jokowi memberikan "jatah" posisi menteri kepada partai politik koalisi pendukungnya dalam Pilpres 2019.

Selain memberikan dukungan dari parlemen, menurut dia, partai koalisi juga berhak bekerja sama di kabinet sebagai menteri.

"Wajar saja, di mana pun terjadi itu. Kalau parpol itu, di samping mendukung di DPR, juga bekerja bersama di kabinet. Itu wajar saja," kata mantan Ketua Umum Partai Golkar itu.

Terkait rencana pembentukan Kabinet Kerja Jilid II, Kalla mengaku belum mengetahui rencana Jokowi. "Saya tidak tahu. Itu Pak Jokowi sendiri yang akan menentukan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kalla: Setidaknya "Fifty-fifty" Menteri dari Partai dan Non-partai

Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved