Tak Ada SMA Negeri di Kecamatan Abang Karangasem, Lulusan 5 SMP Bingung Cari Sekolah

Ratusan siswa lulusan dari lima SMP di Kecamatan Abang terancam tidak bisa melanjutkan sekolah. Ini karena tak ada SMA negeri di Kecamatan Abang

Tak Ada SMA Negeri di Kecamatan Abang Karangasem, Lulusan 5 SMP Bingung Cari Sekolah
pixabay.com
Ilustrasi pendaftaran SBMPTN. 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Ratusan siswa lulusan dari lima SMP di Kecamatan Abang terancam tidak bisa melanjutkan sekolah. Ini karena tak ada SMA negeri di Kecamatan Abang, Karangasem.

Lulusan SMP dari Abang yang melanjutkan ke SMA negeri di Kecamatan Karangasem tidak diterima lantaran terkendala aturan zonasi.

"Sebelum ada sistem zonasi, siswa dari Abang melanjutkan sekolah ke SMA Negeri 1 dan 2 Amlapura. Karena sistem zonasi, mereka tak bisa daftar ke negeri. Di Abang tak ada SMA N, hanya SMK Negeri saja," ujar anggota DPRD Karangasem, Gede Dana, Selasa (2/7/2019).

Sampai kemarin, para pelajar lulusan SMP dari Kecamatan Abang belum mendapat SMA Negeri.

Orangtua siswa khawatir anaknya tak bisa melanjutkan sekolah. Beberapa siswa bahkan mengadu ke DPRD Karangasem terkait  penerimaan peserta didik baru (PPDB) ini.

Terdapat sekitar 900 siswa lulusan lima SMP di Kecamatan Abang yang berasal dari dari SMP Negeri 1 Bias, SMPN 2 Kebon, SMPN 3 Bunutan, SMPN 4 Datah, dan SMPN 5 Kesimpar.

Dari jumlah tersebut, sebagian belum mendapat sekolah.

"Kami minta semua anak didik yang tamatan SMP bisa melanjutkan ke SMA negeri dan harus ditampung. Apalagi pemerintah sudah menerapkan wajib belajar 12 tahun. Kalau lulusan SMP tak ditampung kasihan mereka," pinta Dana.

Politikus PDI Perjuangan ini mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Bali untuk mencarikan solusi mengatasi masalah ini.

Kata dia, jangan sampai harapan siswa untuk melanjutkan sekolah terbenam sistem zonasi.

Halaman
12
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved