Berita Banyuwangi

Ulama Al-Azhar Mesir Apresiasi Penyebarluasan Islam Moderat di Banyuwangi

Seorang ulama dunia yang juga mantan rektor Universitas Al-Azhar Mesir memberikan ceramah di hadapan ratusan ulama, tokoh dan guru agama di Banyuwangi

Ulama Al-Azhar Mesir Apresiasi Penyebarluasan Islam Moderat di Banyuwangi
Surya/Haorrahman
Ulama Al-Azhar Mesir Apresiasi Penyebarluasan Islam Moderat di Banyuwangi 

Ulama Al-Azhar Mesir Apresiasi Penyebarluasan Islam Moderat di Banyuwangi

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Seorang ulama dunia yang juga mantan rektor Universitas Al-Azhar Mesir, Syekh Prof Dr Ibrahim Salah Elsayed Soliman Elhodhod, memberikan ceramah di hadapan ratusan ulama, tokoh dan guru agama di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Selasa (2/7/2019) malam.

Dalam ceramahnya, Syekh Ibrahim Salah mendukung terus upaya kalangan ulama di Tanah Air dan Banyuwangi untuk menjaga paham Islam moderat.

Islam moderat yang dimaksud oleh Syekh Ibrahim tersebut tak lain adalah bentuk dari Islam Rahmatan lil Alamin.

"Islam itu rahmat bagi semesta alam. Alam ini, mencakup semua hal. Tak hanya orang Islam. Semua umat manusia, binatang dan tumbuhan juga harus merasakan rahmat Islam," urainya.

Universitas Al-Azhar sendiri, menurut Syekh Ibrahim, menjadi salah satu pusat peradaban keilmuan yang mengusung Islam moderat (wasatiyah).

Baca: Kejutan THR dari Beachwalk untuk Rayakan Galungan dan Kuningan

Baca: Dishub Denpasar Akan Pasang LPJU di 85 Titik dengan Anggaran Rp 765 Juta

Meskipun secara umum merupakan kampus Islam, Universitas Al-Azhar tak menutup diri terhadap ilmuwan non-muslim.

Ia menyontohkan bagaimana dulu Universitas Al-Azhar menerima Musa bin Maimun (1135-1204 M) yang tak lain adalah seorang Rabbi Yahudi.

Namun, karena wawasan tentang ilmu kedokteran yang begitu mendalam, hingga akhir hayatnya Musa diberikan keleluasaan mengajar di Universitas Al-Azhar.

"Sampai saat ini, banyak para orientalis yang riset dan keluar masuk masjid di Al-Azhar. Karena keramahan di Al-Azhar, tak sedikit dari mereka kemudian masuk Islam. Meski demikian, kita juga tidak mengusik mereka yang tak mau masuk Islam," ungkapnya.

Halaman
12
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved