KPU Bangli Tunda Penetapan Kursi dan DPRD Terpilih

Rapat pleno penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih DPRD Bangli hasil Pemilu 2019 mendadak ditunda

KPU Bangli Tunda Penetapan Kursi dan DPRD Terpilih
Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Batal - Suasana tenda yang sedianya menjadi tempat berlangsungnya rapat pleno, Rabu (3/7/2019). KPU Bangli Tunda Penetapan Kursi dan DPRD Terpilih 

KPU Bangli Tunda Penetapan Kursi dan DPRD Terpilih

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Rapat pleno penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih DPRD Bangli hasil Pemilu 2019 yang sedianya digelar, Rabu (3/7/2019) kemarin, mendadak ditunda.

Sejumlah persiapan yang dilakukan baik pemasangan baliho hingga tenda pun akhirnya dibongkar kembali.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangli, I Putu Gede Pertama Pujawan tidak memungkiri bahwa sejumlah persiapan terkait rapat pleno terpaksa ditunda. Penundaan hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

Pembatalan pleno, kata Pujawan, lantaran pihaknya hingga kini belum menerima bukti surat pemberitahuan dari Mahkamah Konstitusi (MK) berkenaan dengan permohonan perselisihan hasil pemilu.

Baca: Rasyid Rajasa Mimpi Didatangi Almarhumah Ani Yudhoyono dengan Busana Serba Putih, Berpesan Begini

Baca: Pariwisata Desa Sade Lombok Kembali Menggeliat

Ia lebih lanjut menjelaskan, sebelumnya MK akan melayangkan surat pemberitahuan terhadap provinsi atau kabupaten yang ada sengketa. Seluruhnya akan dicatat dalam BRPK.

Sesuai tahapan, tiga hari setelah MK mencatatkan dalam BRPK, paling lama KPU kabupaten atau KPU privinsi yang tidak ada sengketa hasil pemilu, sudah menetapkan perolehan kursi ataupun calon terpilih.

“Tanggal 1 (Juli) merupakan tanggal dimana MK mencatatkan BRPK. Jadi kabupaten punya waktu tiga hari, sesuai PKPU tahapan No. 10 tahun 2019, untuk menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih. Tiga hari ini jika dihitung berarti mulai dari tanggal 2 Juli hingga tanggal 4 Juli,” ungkapnya.

Sementara Bangli, lanjut Pujawan, penetapan tersebut rencananya berlangsung tanggal 3 Juli, bersama dengan empat kabupaten lain di Bali.

Baca: Tampil Cantik dengan Riasan Bunda, Jangan Lewatkan Mom and Kids Make Up Competition di Lippo Mall

Baca: Jero Padma: Biarkan Kartu KIS Selalu di Dompet dan Menjadi Teman Baik Kesehatan Kita

Namun berdasarkan hasil koordinasi dengan KPU Provinsi, MK belum menyampaikan surat pemberitahunan BRPK tersebut kepada KPU RI.

“Pencatatan dalam BRPK tersebut sangat penting. Sebab, dalam pembuatan Berita Acara maupun penetapan SK, harus merujuk dari register MK tersebut,” terangnya.

Lantaran belum ada surat pemberitahuan BRPK dari MK hingga Selasa (2/7/2019) malam, proses penetapan yang telah dijadwalkan akhirnya ditunda.

Penundaan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih DPRD Kabupaten Bangli periode 2019-2024, kata dia, adalah sampai adanya surat pemberitahuan dari MK yang diterima oleh KPU RI. Pujawan mengaku penundaan juga telah diberitahukan kepada para undangan.

“Softcopy lewat WA tadi malam (Selasa) dikirim, sedangkan pagi harinya (Rabu) via hardcopy,” katanya.(*)

Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved