Safari Kesehatan Dinkes Denpasar Beri Layanan Operasi Katarak Gratis

Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan mengadakan safari kesehatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional

Safari Kesehatan Dinkes Denpasar Beri Layanan Operasi Katarak Gratis
Tribun Bali/M Firdian Sani
John Fawcett Foundation (JFF) Indonesia sedang melakukan pemeriksaan mata gratis di Banjar Tenten, Desa Pemecutan Kelod, Denpasar, Bali, Jumat (6/7/2019). Safari Kesehatan Dinkes Denpasar Beri Layanan Operasi Katarak Gratis 

Safari Kesehatan Dinkes Denpasar Beri Layanan Operasi Katarak Gratis

Laporan Wartawan Tribun Bali, M Firdian Sani

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan mengadakan safari kesehatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Dalam Safari ini ada beberapa pelayanan gratis, seperti pelayanan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan mata, pemberian kacamata gratis, pemeriksaan THT, fisioterapi, bahkan operasi katarak secara gratis.

Tidak sendirian, Dinas Kesehatan Kota menggandeng beberapa instansi, seperti Puskesmas I Denpasar Barat, Puskesmas II Denpasar Barat, Puskesmas II Denpasar Selatan, The John Fawcett Foundation (JFF) Indonesia, Yayasan Peduli Kemanusiaan (YPK) Bali, dan BPJS Kesehatan Cabang Denpasar.

Sebelumnya, safari kesehatan tahap pertama sudah dilakukan di Banjar Tenten, Desa Pemecutan Kelod, Denpasar, Bali, Jumat (5/7/2019) kemarin.

Nengah Sariyasa selaku screening koordinator John Fawcett Foundation (JFF) Indonesia mengatakan, pihaknya ingin mendukung program pemerintah untuk mengurangi kebutaan karena katarak.

Baca: Kelas Memasak Mulai Merintis Ajak Masyarakat Denpasar Makin Kreatif dan Siap Jadi Entrepreneur

Baca: Abrasi dan Maraknya Bangunan di Sempadan Pantai Ancam Habitat Penyu Berkembang Biak

"Kali ini bekerjasama dengan pemerintah kota, kita tahu bersama bahwa masalah kesehatan ini tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah sendiri, maka kami dari Yayasan John Fawcett Foundation atau lembaga swadaya masyarakat mendukung program pemerintah, yaitu mengurangi angka kebutaan yang disebabkan oleh katarak," terangnya saat ditemui Tribun Bali, Jumat (6/7/2019).

Ada beberapa program kesehatan dari Yayasan John Fawcett Foundation yakni pemeriksaan mata secara umum, obat-obatan gratis, pemberian kacamata minus dan plus sesuai standar gratis, dan bantuan operasi katarak secara gratis.

"Kami lakukan screening termasuk pemberian kacamata dan pemberian obat-obatan, kemudian jika ditemukan katarak, maka akan dijadwalkan untuk operasi katarak secara gratis di Yayasan John Fawcett Foundation (JFF) indonesia," kata Sariyasa.

Baca: Spider Wan Dapat Banyak Dukungan Gabung Timnas Senior, Opsi Gantikan Kiper Andritany

Baca: Mengisi Libur Sekolah dengan Ikut Lokakarya Arsitektur AFK 2019

"Jadi semua gratis, mulai dari pemberian kacamata, obat-obatan bahkan termasuk operasi katarak secara gratis," tambahnya.

Yayasan John Fawcett Foundation membawa peralatan screening dasar untuk mendeteksi kelainan-kelainan, baik kelainan reflaksi bagi yang membutuhkan kacamata atau tidak.

"Kemudian menbawa peralatan yang bisa mendeteksi apakah warga atau masyarakat mengalami katarak atau tidak. Kemudian juga dilakukan atau membawa peralatan sederhana lainnya yaitu pemeriksaan tensi, gula darah termasuk juga pemeriksaan tekanan bola mata," paparnya.

Ia berharap bisa membantu masyarakat yang kurang mampu terutama di daerah pedesaan.

Safari kesehatan tahap dua akan dilaksanakan di Banjar Balun, Jalan Gunung Tangkuban Perahu, Padang Sambian, Denpasar, Bali, Kamis (11/7/2019).

Yang ketiga di Banjar Dangin Peken, Jalan Intaran No 20, Sanur Kauh, Denpasar, Bali, Jumat (26/7/2109). (*)

Penulis: M. Firdian Sani
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved