SMA Swasta Khawatir Siswa Pindah ke Negeri, SE Gubernur Buka Peluang Sekolah Negeri Tambah Kuota

SMA negeri di Bali menambah kuota peserta didik sehingga menimbulkan kekhawatiran beberapa SMA swasta bahwa siswanya pindah ke negeri

SMA Swasta Khawatir Siswa Pindah ke Negeri, SE Gubernur Buka Peluang Sekolah Negeri Tambah Kuota
Tribun Bali/Wema Satyadinata
Kepala SMA Dwijendra, I Made Oka Antara. SMA Swasta Khawatir Siswa Pindah ke Negeri, SE Gubernur Buka Peluang Sekolah Negeri Tambah Kuota 

SMA Swasta Khawatir Siswa Pindah ke Negeri, SE Gubernur Buka Peluang Sekolah Negeri Tambah Kuota

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Terbitnya Surat Edaran (SE) Gubernur Bali tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK negeri menyebabkan beberapa SMA negeri di Bali menambah kuota peserta didiknya.

Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran beberapa SMA swasta bahwa siswanya banyak yang pindah sekolah bila kemudian diterima di sekolah negeri.

Kepala SMA Dwijendra, I Made Oka Antara menyampaikan, siswa-siswi yang datang mendaftar di SMA Dwijendra sangat banyak.

Saat ini jumlah pendaftar bahkan sudah mencapai angka seribuan, sedangkan kuota yang diterima yakni 432 siswa atau 12 kelas sesuai ketentuan Permendikbud.

Sekolah mensyaratkan bagi para siswa yang ingin mendaftar di Dwijendra, maka wajib menyatakan diri untuk mendaftar kembali dan tidak diperkenankan mendaftar di sekolah lainnya.

Baca: April 2020 Bali Zoo Akan Buka Mini Savanna, Berisi Berbagai Satwa Afrika

Baca: Siswa Tak Tertampung Jalur Zonasi Bisa Daftar Pakai NEM ke SMA/SMK Negeri yang Kekurangan Siswa

“Kalau dia memang hanya memilih di sini, dia datang ke sini. Kalau dia di negeri silakan,” kata Oka Antara saat ditemui di Ruang kerjanya, Jumat (5/7/2019).

Aturan tersebut dibuat karena pihaknya berkaca dari pengalaman PPDB tahun lalu, yang mana banyak siswanya pindah ke SMA negeri padahal sudah melakukan pendaftaran di SMA Dwijendra.

“Kan ada saja anak yang sudah menyatakan diri di sini, kemudian dia dapat di negeri kemungkinan sekali dia akan pindah ke negeri, seperti setahun, dua tahun yang lalu itu,” tuturnya.

Bahkan, lanjut dia, pada PPDB tahun lalu saat ada penambahan kuota untuk SMA negeri, dari 432 siswanya  banyak yang pindah dan tersisa 352 siswa.

Halaman
12
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved