SMP Satap Subaya Kembali Dibuka, Bupati Bangli: Kalau Kekurangan Guru, Saya Siap Mengajar

Sekolah Satu Atap (Satap) di wilayah Desa Subaya, Kintamani, Bangli, akan diaktifkan kembali tahun ini setelah tutup sejak tahun 2017

SMP Satap Subaya Kembali Dibuka, Bupati Bangli: Kalau Kekurangan Guru, Saya Siap Mengajar
Istimewa
Bupati Bangli, I Made Gianyar saat bertemu dengan masyarakat Desa Subaya, Kintamani, Kamis (4/7/2019) 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Sekolah Satu Atap (Satap) di wilayah Desa Subaya, Kintamani, Bangli, akan diaktifkan kembali tahun ini setelah tutup sejak tahun 2017.

Ini agar anak-anak dari Desa Subaya yang putus sekolah bisa melanjutkan pendidikan lagi.

Perbekel Desa Subaya, I Nyoman Diantara mengatakan, siswa dari desa sekitar dialihkan ke SMP terdekat, yakni SMPN 7 Kintamani di Desa Sukawana.

Meskipun telah dicover oleh SMPN 7 Kintamani, nyatanya masih banyak masyarakat sekitar yang berharap agar Satap Subaya kembali akitf.

Sebab banyak siswa dari Desa Subaya yang justru terpaksa putus sekolah.

Kata Diantara, hal ini disebabkan jarak antara Desa Subaya dengan SMPN 7 Kintamani cukup jauh yakni berkisar lima kilometer.

Selain karena faktor ekonomi, minimnya moda transportasi umum yang melintasi jalur ini juga menjadi kendala.

“Anak-anak di sini (Subaya), inginnya sekolah di sini (Satap). Karena ini sudah ada gedung, gurunya yang tidak ada. Saat ini memang masih kosong. Namun setelah kembali aktif, pasti banyak siswa yang sekolah. Termasuk anak-anak lulusan tahun 2018 lalu, ada sekitar 17 anak yang terpaksa tidak melanjutkan sekolah, juga berniat melanjutkan kembali pendidikannya,” ucap Diantara.

Kata dia, Bupati Bangli I Made Gianyar telah mengunjungi Desa Subaya, dan berkomitmen untuk mengakfitkan kembali Satap Subaya.

Pihaknya berharap agar komitmen tersebut tidak berubah, sehingga anak-anak di pinggiran Desa Subaya bisa tetap mendapatkan pendidikan wajib belajar sembilan tahun.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved