Supported Content

Bupati Badung Harapkan Sekaa Teruna Tingkatkan Kreativitas

Sekaa Teruna (ST) sebagai generasi penerus harus mampu meningkatkan kreativitas, khususnya di bidang seni dan budaya

Bupati Badung Harapkan Sekaa Teruna Tingkatkan Kreativitas
DOK Pemkab Badung
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat menghadiri perayaan HUT ST Swakarya ke-48, Br. Keraman, Desa Abiasemal, Jumat (5/7) lalu. 

TRIBUN-BALI.COM-  Sekaa Teruna (ST) sebagai generasi penerus harus mampu meningkatkan kreativitas, khususnya di bidang seni dan budaya, selain itu tidak boleh mabuk-mabukan, mengganggu ketertiban umum, menghindari seks bebas, narkoba dan narkotika.

Demikian penekanan yang disampaikan Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta saat menghadiri perayaan HUT ST Swakarya ke-48, Br. Keraman, Desa Abiasemal, Jumat (5/7) lalu.

Acara tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Provinsi Bali terpilih I Bagus Alit Sucipta, anggota DPRD Badung Putu Alit Yandinata, Camat Abiansemal IGN Suryajaya, Perbekel dan Bendesa Adat Abiansemal.

Bupati Giri Prasta menambahkan, Pemkab Badung akan siap mendukung kegiatan sekaa teruna, baik perayaan HUT maupun kreativitas ogoh-ogoh.

"Tahun depan bantuan untuk ogoh-ogoh kepada sekaa teruna di badung akan meningkat," tambahnya. Selain itu kebutuhan sekaa teruna baik itu gong, baleganjur, sarana olahraga dan musik, Bupati juga siap membantu. Untuk itu Bupati mengharapkan masyarakat banjar dan sekaa teruna harus bersatu.

Ketua ST Swakarya, I Wayan Gani Paradistha mengatakan, pada perayaan HUT kali ini pihaknya tidak mengadakan lomba, karena banyak kegiatan adat di Desa Abiansemal.

Namun kegiatan ST Swakarya tahun sebelumnya telah melaksanakan kegiatan berdasarkan konsep ajaran Tri Hita Karana.

Di bidang parhyangan dengan ngayah di pura dan ngiring petapakan, bidang pawongan, dengan mesuka-duka anggota sekaa teruna yang melaksanakan upacara pawiwahan, potong gigi maupun meninggal.

Sedangkan dibidang palemahan, rutin melakukan gotong-royong di pura dan lingkungan banjar. Kedepan ST Swakarya akan siap mendukung program dan kebijakan dari Desa Abiansemal dan Pemerintah Kabupaten Badung.

Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved