Citra Satelit Malam Hari NASA Membuka Fakta Gemerlapnya Pulau di Indonesia ini

Citra Satelit Malam Hari NASA Membuka Fakta Gemerlapnya Pulau di Indonesia ini

Citra Satelit Malam Hari NASA Membuka Fakta Gemerlapnya Pulau di Indonesia ini
NASA
Inilah Pulau pada malam hari yang diabadikan oleh citra satelit Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada 2018 lalu. 

TRIBUN-BALI.COM- Citra satelit yang dirilis Badan Antariksa Amerika Serikat ( NASA) memperlihatkan betapa gemerlapnya Pulau Jawa, salah satu pulau utama Indonesia, pada malam hari.

Diambil dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Agustus 2018, citra itu memperlihatkan Jawa diselimuti cahaya dan berdiri tegak di tengah gelapnya Samudera Hindia.

Dilansir dari Earth Observatory, Jawa merupakan pusat geografi sekaligus ekonomi Indonesia, dan merupakan pulau terpadat dunia dengan populasi mencapai 141 juta jiwa.

Baca: Birahi Gede Suri Tak Terbendung, Lihat Ibu Muda Pakai Daster Sembari Memberi Makan Babi

Area paling terang yang diperlihatkan dalam citra satelit NASA itu adalah Surabaya, yang merupakan kota terbesar kedua Indonesia sekaligus ibu kota Provinsi Jawa Timur.

Tanjung Perak di Surabaya merupakan pelabuhan tersibuk kedua Indonesia dengan setiap tahunnya, 33 juta ton kargo dan sembilan juta manusia berdatangan.

Pemandangan itu kontras dengan citra satelit malam Indonesia yang dirilis oleh NASA setahun sebelumnya, di mana Jawa paling gemerlap dibanding pulau lain.

Baca: Sehabis Makan Malam, Kepala Pria ini Ditebas Anaknya hingga Terputus, Ibunda Histeris di TKP

s

Citra satelit malam hari Indonesia yang dirilis NASA, lembaga luar angkasa AS, memperlihatkan Nusantara yang gelap gulita.(NASA)

Yang menarik, penduduk tidak hanya tinggal di perkotaan saja, tetapi juga mendiami jalur-jalur penghubung utama antara kota.

Tampak jelas dari citra satelit malam hari NASA.

Baca: Anak Agung Ayu Meninggal di Jalan Suli, Ini Kronologi yang Merenggut Nyawa Gadis 17 Tahun itu

Foto yang dipublikasikan pada 2017 tersebut mengungkap peta penyebaran penduduk Indonesia dan ketimpangan kemakmuran, terutama di wilayah timur.

Halaman
12
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved