Berita Banyuwangi

Bertemu Petani, Bupati Banyuwangi Semangati untuk Berinovasi

Anas mengajak para petani untuk terus berinovasi dalam memberikan nilai lebih dari sektor pertanian.

Bertemu Petani, Bupati Banyuwangi Semangati untuk Berinovasi
SURYA/Haorrahman
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bertemu ratusan petani yang tergabung dalam Gapoktan seluruh Banyuwangi di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (8/7/2019). 

Bertemu Petani, Bupati Banyuwangi Semangati untuk Berinovasi

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bertemu ratusan petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) seluruh Banyuwangi di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (8/7/2019).

Pada kesempatan tersebut, Anas mengajak para petani untuk terus berinovasi dalam memberikan nilai lebih dari sektor pertanian.

"Lahan pertanian kita terus menyempit. Jika tak disertai dengan inovasi, maka penghasilannya akan terus menyusut. Ini akan mengancam kelangsungan hidup petani," ujar Anas.

Inovasi tersebut, lanjut Anas, bisa dalam berbagai bentuk.

Mulai dari penerapan teknologi tepat guna, pengelolaan hasil panen, hingga kolaborasi dengan konsep pariwisata.

"Harapannya, bisa memberikan nilai lebih dari hasil pertanian konvensional yang selama ini ada. Secara otomatis pun, kesejahteraan petani akan meningkat," terang Anas.

Anas mencontohkan, kelompok tani Sirtanio dari Kecamatan Singojuruh yang telah sukses mengembangkan produk pertanian organik.

Hal tersebut mampu menjadikan Sirtanio sebagai kelompok tani yang berhasil mengekspor beras produknya ke luar negeri.

"Bahkan sekarang Sirtanio juga mengembangkan produk pertanian organik lainnya. Tak hanya beras, tapi juga ubi dan sejumlah tanaman lain yang mulai langka," papar Anas.

Halaman
12
Editor: Kander Turnip
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved