Liputan Khusus

Digodok Kartu KB Krama Bali, Rencanakan Berbagai Bantuan bagi Krama Beranak Empat

Menyusul keluarnya Instruksi Gubernur (Ingub) Bali Nomor 1545 Tahun 2019, Pemprov Bali bakal membuat kartu Keluarga Berencana (KB) Krama Bali.

Digodok Kartu KB Krama Bali, Rencanakan Berbagai Bantuan bagi Krama Beranak Empat
Tribun Bali/Dwi Suputra
KB Krama Bali 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Menyusul keluarnya Instruksi Gubernur (Ingub) Bali Nomor 1545 Tahun 2019, Pemprov Bali bakal membuat kartu Keluarga Berencana (KB) Krama Bali.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)  Provinsi Bali, I Gusti Agung Ketut Kartika Jaya Seputra mengatakan, kartu KB Krama Bali ini dimaksudkan untuk menstimulasi krama Bali agar tidak takut punya anak empat.

Sebab, melalui kartu KB Krama Bali itu, Pemprov Bali akan memberikan berbagai kemudahan dan bantuan untuk krama Bali yang memiliki empat anak.

“Nantinya, dengan adanya kartu ini, mungkin dicanangkan beasiswa perguruan tinggi, mungkin juga ada bantuan permodalan bagi yang memiliki usaha. Misalnya, yang beternak dan bertani, akan dibantu bibit ternak dan tani. Nanti banyak stakeholder (pemangku kepentingan) yang kami libatkan. Jadi, tidak berdiri sendiri,” jelas Kartika saat ditemui Tribun Bali di ruang kerjanya pekan lalu.

Untuk diketahui, pada 14 Juni 2019 lalu Gubernur Bali, Wayan Koster, mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Bali Nomor 1545 Tahun 2019 tentang Sosialisasi Program Keluarga Berencana (KB) Krama Bali.

Melalui ingub, Koster menginstruksikan walikota/bupati se-Bali untuk menghentikan kampanye dan sosialisasi

“KB dengan 2 anak cukup atau dua anak lebih baik” kepada jajarannya yang menangani urusan KB.

Ingub ini juga memerintahkan seluruh jajaran pemerintah daerah di kota/kabupaten se-Bali agar mengkampanyekan dan mensosialisasikan KB Krama Bali berdasarkan kearifan lokal.

Pada intinya, pemprov menyarankan krama Bali untuk memiliki empat anak.

Sebelum program KB masuk ke Bali, disebut bahwa krama Bali memiliki lebih dari dua anak.

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved