Tukar Sampah dengan Bibit Tanaman, Jalani Bisnis Sekaligus Edukasi Lingkungan

Bank Sampah Harmoni Parahyangan adalah salah satu unit usaha dari Komunitas Harmoni Parahyangan yang bergerak dalam edukasi lingkungan hidup

Tukar Sampah dengan Bibit Tanaman, Jalani Bisnis Sekaligus Edukasi Lingkungan
Istimewa/Komunitas Harmoni Parahyanga
BANK SAMPAH - Proses pemilahan sebelum sampah dibawa ke bank sampah beberapa waktu lalu. Tukar Sampah dengan Bibit Tanaman, Jalani Bisnis Sekaligus Edukasi Lingkungan 

Tukar Sampah dengan Bibit Tanaman, Jalani Bisnis Sekaligus Edukasi Lingkungan

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Berita Denpasar Bali hari ini, Bank Sampah Harmoni Parahyangan adalah salah satu unit usaha dari Komunitas Harmoni Parahyangan yang bergerak dalam edukasi lingkungan hidup

Program yang lahir sejak September 2018 ini sebagai upaya yang dibarengi antara pengelolaan sampah dengan edukasi lingkungan hidup.

“Jadi ada unit usaha bank sampah dalam divisi waste management,” jelas Pemegang Program Divisi Green Development, I Nyoman Sukadana alias Dodik, Minggu (7/7/2019).

Dodik merupakan salah satu penggagas bank sampah ini dengan empat orang lainnya dari Payangan, Gianyar.

Ia menjelaskan pengelolaan sampah dan pemilahan sangat penting sebab sampah organik mampu diimplementasikan ke dalam pertanian.

“Jadi dalam bank sampah ada program tukar sampah dengan bibit tanaman. Atau nabung di Bank Sampah Harmoni Parahyangan dan bisa dapat bibit gratis yakni bibit bunga,” jelasnya.

Sistem usaha ini, kata dia, dengan membeli sampah yang telah dipilah dari nasabah. Kemudian uangnya dicatat sebagai tabungan dengan mendapatkan buku tabungan khusus.

Baca: Juni Bandara Ngurah Rai Telah Layani 2,1 Juta Penumpang, Catatan Tertinggi Selama Semester I 2019

Baca: TRIBUN WIKI - Nikmatnya Surabi Bandung Kang Cepot, Ada Berbagai Varian Rasa & Pasti Terjangkau

“Lalu sampah-sampah yang telah terkumpul disusun digudang, sesuai jenis dan dirapikan serta dipilah secara spesifik atau disortir,” jelasnya.

Kemudian dengan volume tertentu, dikirim ke pengepul besar di Denpasar atau diambil langsung ke gudang oleh pengepul besar. 

Halaman
123
Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved