Pesta Kesenian Bali

Dari Workshop Lukisan Wayang Kamasan di PKB 2019: Pada Awalnya Adalah untuk Yadnya

PKB 2019 juga dirangkai dengan workshop lukisan Kamasan yang digelar di kalangan Ayodya Taman Budaya Art Center Denpasar

Dari Workshop Lukisan Wayang Kamasan di PKB 2019: Pada Awalnya Adalah untuk Yadnya
Tribun Bali/Nyoman Mahayasa
Para pembicara saat menunjukkan contoh lukisan wayang Kamasan kepada peserta workshop, Senin (8/7/2019), di kalangan Ayodya Taman Budaya Art Center Denpasar. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pesta Kesenian Bali (PKB) tidak hanya diisi dengan kegiatan tari, tabuh, maupun pameran kerajinan.

Ajang tahunan ini juga dirangkai dengan workshop lukisan Kamasan, seperti yang berlangsung Senin (8/7/2019) di kalangan Ayodya Taman Budaya Art Center Denpasar. 

Sebagai narasumber, hadir Jero Mangku Wayan Muliarsa, seniman pelaku seni lukis Kamasan yang juga pemangku di salah-satu kawitan di Klungkung.

Ia menjelasakan proses penggunaan warna yang masih memanfaatkan pere yaitu batu alam berwarna.

Lukisan tradisional ini mampu bertahan hingga ratusan tahun dan masih ada yang tersimpan di kediamannya di Kamasan. Bahkan karyanya sempat ditawar sampai ratusan juta.

Namun ia tidak menjualnya karena lukisan tersebut adalah warisan leluhurnya yang harus dipertahankan.

Di sela-sela workshop, ia juga menunjukkan karya lukis Kamasan kepada sejumlah peserta. Hingga saat ini ia tetap mempertahankan teknik melukis dengan pakem klasik.

Selain Jero Mangku Wayan Muliarsa, hadir pula I Made Yasana yang memberikan demo gaya lukisan Kamasan.

Ia mengungkapkan, karya lukisan Kamasan pada zaman dahulu dipersembahkan untuk yadnya maupun kepada raja. Seni lukis wayang Kamasan kemudian berkembang dan fungsinya menjadi lebih beragam.

Ternyata tidak hanya laki-laki yang menekuni seni lukis Kamasan.

Dosen ISI Denpasar, Dra. Ni Made Rinu Msi juga tidak mau kalah.  Karya-karyanya bahkan telah menghiasi bangunan gedung pemerintahan. (*)

Penulis: I Nyoman Mahayasa
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved