Citizen Journalism

Mahasiswa STPBI Kenalkan Yoga Sebagai Wisata Spiritual dalam Program Kreativitas Mahasiswa

Melalui karya yang berjudul Implementasi Ajaran Yoga Sutra Patanjali Sebagai Aktivitas Wisata Spiritual di Umah Shakti Yoga Sanur, Devi Dkk mencoba

Mahasiswa STPBI Kenalkan Yoga Sebagai Wisata Spiritual dalam Program Kreativitas Mahasiswa
Dok Kadek Devi Hermawati
Mahasiswa STPBI mengembangkan ajaran Yoga Sutra Patanjali sebagai sebuah wisata spiritual melalui ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dewasa ini, dalam dunia pariwisata kebanyakan orang hanya berfokus pada keindahan alam saja.

Padahal jika ditilik lebih dalam, masih banyak konten pariwisata yang sebenarnya kurang diekspose.

Hal tersebut yang kemudian dijadikan sebagai acuan bagi tiga mahasiswa STPBI dalam membantu pengembangan dunia pariwisata.

Walaupun dibilang masih baru di dunia penelitian, tetapi tiga mahasiswa STPBI ini mencoba untuk mengembangkan inovasi baru di dunia parwisata melalui ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Team yang beranggotakan Kadek Devi Hermawati, I Gede Parta Maha Deva Puspa beserta Nyoman Dera Tri Vriandari yang dibina oleh Dr. Putu Sabda Jayendra,S.Pd.H.,M.Pd.H. ini mencoba mengembangkan ajaran Yoga Sutra Patanjali sebagai sebuah wisata spiritual.

Melalui karya yang berjudul Implementasi Ajaran Yoga Sutra Patanjali Sebagai Aktivitas Wisata Spiritual di Umah Shakti Yoga Sanur, Devi Dkk mencoba menghadirkan yoga sebagai salah satu wisata masa kini.

Bermodalkan rasa keingintahuan yang tinggi dan kegemaran membaca jurnal-jurnal karya ilmiah, tiga sekawan ini berhasil lolos pendanaan dari ristekdikti dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Ditinjau dari judulnya, mereka mencoba mengangkat pariwisata  melalui pengembangan Yoga Sutra Patanjali.

“Penerapan Yoga Sutra Patanjali sebagai pariwisata spiritual ini diharapkan dapat menjadi inovasi dan banyak diminati di dalam dunia pariwisata. Jika biasanya dunia pariwisata hanya berfokus pada keindahan bentang alam dan juga budaya, kali ini kami mencoba memunculkan inovasi baru dengan mengaitkan yoga dengan dunia spiritual. Yoga selain menjadi suatu olahraga diri juga dapat digunakan sebagai sarana penenangan jiwa dan pikiran,” kata Parta salah satu anggota team.

Devi sebagai ketua team berpendapat, “jika yoga sejatinya sudah berkembang sejak lama namun hanya beberapa orang saja yang tertarik karena  yoga merupakan aktivitas yang didasarkan pada minat khusus dari seseorang, dimana aktivitas ini merupakan penggabungan dari unsur fisik serta unsur psikologis.”

Dera kembali menambahkan, “kegiatan yoga yang dilakukan secara bertahap akan menghasilkan manfaat yang baik bagi tubuh baik itu fisik maupun mental, maka dari itu banyak orang-orang terutama wisatawan asing melakukan yoga karena tertarik dengan manfaat yang sangat banyak.”(*)

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved