Dampak PAD Badung Tak Capai Target, Anggaran Dishub Kena Pangkas Rp 30 M

Dinas Perhubungan Kabupaten Badung turut mengalami rasionalisasi anggaran. Jumlah yang dipangkas mencapai Rp 30 miliar

Dampak PAD Badung Tak Capai Target, Anggaran Dishub Kena Pangkas Rp 30 M
kompas.com
Ilustrasi - Turunnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Badung membuat anggaran di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat dipangkas. 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Turunnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Badung membuat anggaran di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat dipangkas.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, per Juni 2019, Pemkab Badung baru bisa mencapai PAD sebesar Rp 1,8 triliun. Padahal, awalnya PAD Badung ditarget Rp 6,7 triliun. Sementara waktu yang tersisa untuk mengejar target tahun 2019 itu tinggal enam bulan lagi.

Terkait itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Badung turut mengalami rasionalisasi anggaran. Jumlah yang dipangkas mencapai Rp 30 miliar.

Dari informasi yang dihimpun di lapangan, pengadaan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) terkoreksi karena pendapatan Badung belum memenuhi target yang ditetapkan pada awal pengesahan APBD induk 2019.

Ada beberapa PJU yang dipangkas programnya yakni PJU Ruas Jalan sebesar Rp 25 miliar, PJU Strategis sebesar Rp 2,5 miliar dan dana pemeliharaan juga dirasionalisasi sebesar Rp 2,5 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Badung, AA Rai Yuda Dharma yang dikonfirmasi terpisah juga membenarkan adanya rasionalisasi program untuk lampu penerangan jalan di Kabupaten Badung.

"Iya kami juga ada pemangkasan anggaran atau kena rasionalisasi," ungkapnya.

Pihaknya mengaku untuk pengadaan dan pemasangan PJU akan dirancang kembali pada tahun 2020 sehingga apa yang sudah diprogramkan Badung bisa berjalan sesuai harapan.

"Sebenarnya Detail Engineering Desain (DED)-nya sudah selesai di tahun 2019 ini. Tapi kalau ada rasionalisasi, iya kita anggarkan tahun berikutnya," jelasnya Selasa (9/7/2019).

Disinggung mengenai anggaran pemeliharaan untuk PJU dan yang lain, AA Rai Yuda Dharma mengaku untuk saat ini dana pemeliharaan dipasang sebesar Rp 500 juta. Dengan dana tersebut penggunaannya akan dimaksimalkan lagi.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved