Tingkatkan Transaksi Non Tunai, Ini yang Dilakukan BI Bali

Tujuan kami adalah transaksi non tunai agar lebih meningkat dan membudaya di masyarakat kita.

Tingkatkan Transaksi Non Tunai, Ini yang Dilakukan BI Bali
Tribun Bali/Noviana Windri Rahmawati
Direktur Deputi KPwBI Provinsi Bali Teguh Setiadi 

Tingkatkan Transaksi Non Tunai, Ini yang Dilakukan BI Bali

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali menggelar Focus Group Discussion (FGD) dan Rapat Koordinasi Peningkatan Transaksi Non Tunai (Elektronidikasi) di Toko Ritel dan Pusat Perbelanjaan, Rabu (10/7/2019).

Direktur Deputi KPwBI Provinsi Bali, Teguh Setiadi menuturkan kegiatan digelar dalam rangka implementasi dan penggalakan Gerakan Nasional Non Tunai (GNTT).

"Tujuan kami adalah transaksi non tunai agar lebih meningkat dan membudaya di masyarakat kita. Kalau generasi milenial rata-rata lebih banyak menggunakan transaksi non tunai. Tetapi untuk generasi tua masih banyak menggunakan transaksi tunai," ucapnya.

Lebih lanjut, pihaknya menyebutkan transaksi dengan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) di Bali meningkat per Mei 2019.

"Sampai sekarang sudah 2,9 juta lebih kartu. Yang terdiri dari 317 ribu lebih kartu ATM, 2,3 juta lebih kartu debit, dan 361 ribu kartu kredit. Sedangkan untuk nilai transaksi non tunai Rp 2,2 triliun," jelasnya.

Ia menambahkan, kendala yang dihadapi saat ini yakni budaya masyarakat yang masih terbiasa memegang uang tunai, terutama masyarakat pelosok dan generasi tua.

Selain itu, kendala infrastruktur terutama masalah sinyal pada mesin Electronic Data Capture (EDC) dan tarik ulur mengenai Merchant Discount Rate (MDR) atau fee.

"Dengan non tunai sebenarnya lebih menguntungkan dengan ketetapan jumlah. Juga mengurangi risiko uang yang diragukan keasliannya. Saya berharap nanti ke depan supaya bisa juga memakai QR Code," pungkasnya.

FGD dan rapat koordinasi dihadiri oleh perwakilan dari 8 bank umum dan menggandeng pusat perbelanjaan seperti MBG, Tiara Dewata, Trans Mall Bali, Level 21, Coco Mart, Joger, Erlangga, Ayu Nadhi, Pepito, dan Krisna Oleh-Oleh. (*)

Penulis: Noviana Windri
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved