Supported Content

BPJS Kesehatan Klungkung Bersama TNI Masuk Desa Dalam TMMD ke-105 di Tihingan

BPJS Kesehatan Klungkung Bersama TNI Masuk Desa Dalam TMMD ke-105 di Tihingan

BPJS Kesehatan Klungkung Bersama TNI Masuk Desa Dalam TMMD ke-105 di Tihingan
DOK BPJS KESEHATAN
BPJS Kesehatan Klungkung Bersama TNI Masuk Desa Dalam TMMD ke-105 di Tihingan 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG– Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Klungkung dilaksanakan secara semarak di Lapangan Pau Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan.

Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk kegiatan sosial, upacara bendera hingga pameran yang berbau nasionalisme dan patriotisme.

Hal ini terlihat dari kegiatan-kegiatan seperti lomba panjat pinang, donor darah dan kegiatan pameran pelayanan kesehatan masyarakat.

Nampak juga di kegiatan tersebut stand pameran BPJS Kesehatan Cabang Klungkung.

BPJS Kesehatan sendiri dilibatkan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengingat program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan program penting yang sangat dibutuhkan masyarakat saat ini di bidang kesehatan.

Menurut Kapten Inf I Nyoman Tunggu selaku panitia kegiatan yang mengurusi kegiatan pameran ini, menyatakan bahwa sosialisasi yang dilaksanakan melalui pameran ini memang sangat diperlukan untuk masyarakat khususnya di desa Tihingan ini.

Melihat pentingnya program JKN-KIS bagi masyarakat melatarbelakangi panitia untuk menghadirkan BPJS Kesehatan.

“Kami sangat berharap masyarakat dapat memanfaatkan momen ini untuk mengakses informasi selengkap-lengkapnya tentang program JKN-KIS, apalagi program yang wajib ini harusnya sudah diikuti oleh masyarkat secara otomatis, jadi bagi yang belum menjadi peserta kami harap segera daftar dan yang sudah daftar dapat mengikuti prosedur pelayanannya maupun kewajibannya sebagai peserta,” tegas Kapten Nyoman.

Kehadiran BPJS Kesehatan dalam event pameran seperti ini memang rutin dilaksanakan jika penyelenggara kegiatan menyiapkan ruang untuk sosialisasi kepada masyarakat seperti misalnya pameran dalam rangka HUT Pemkab, hari-hari nasional maupun kegiatan desa.

BPJS Kesehatan memang memiliki program-program sosialisasi melalui berbagai kegiatan yang tujuannya untuk memberikan pemerataan informasi kepada masyarakat baik yang berstatus sebagai peserta maupun yang belum.

Endang Triana Simanjuntak selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Klungkung menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada panitia penyelenggara TMMD ini karena program JKN-KIS memang menjadi tanggungjawab bersama seluruh unsur pemerintah, swasta maupun masyarakat sebagai insan individu.

Apalagi tujuan dari adanya program ini memang untuk memberikan kepastian jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia yang sering disebut Universal Health Coverage (UHC).

“Saya harap kegiatan-kegiatan seperti ini memang melibatkan banyak unsur pemerintah yang bergerak di bidang pelayanan masyarakat. Seperti halnya TMMD ini mengundang KB, rumah sakit maupun BPJS Kesehatan serta instansi lainnya yang memang bersentuhan langsung kepada masyarakat, dengan begitu sosilasasi kami khususnya dapat lebih menjangkau masyarakat di pedesaan yang mungkin akses informasinya belum sempurna,” tegas Endang.

Dengan kegiatan seperti ini juga BPJS Kesehatan dapat melakukan kegiatan validasi data untuk keperluan administrasi kepesertaan misalnya peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang mengalami kendala perbedaan identitas di kartu KIS dengan KTP, KK maupun peserta lainnya yang memang ingin memenuhi kewajiban seperti pembayaran iuran serta mengakses informasi terkait pelayanan. Namun pada kegiatan ini yang lebih menonjol adalah sosialisasi tentang Aplikasi mobile JKN dan juga Insiden. (ADV)

Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved