5 Hari Latihan Pengamanan VVIP, Pangdam IX/Udayana Resmi Menutup Latihan di Nusa Dua

Pangdam IX/Udayana menutup latihan pengamanan (latpam) VVIP yang diadakan selama lima hari di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (13/7/2019).

5 Hari Latihan Pengamanan VVIP, Pangdam IX/Udayana Resmi Menutup Latihan di Nusa Dua
dok Kodam IX/Udayana
Upacara penutupan latihan pengamanan (latpam) yang dipimpin Pangdam IX/Udayana Mayjen Benny Susianto di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (13/7/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Pangdam IX/Udayana menutup latihan pengamanan (latpam) VVIP yang diadakan selama lima hari di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (13/7/2019).

Selain mengasah skill dan kepiawain para prajurit, latihan digelar dalam rangka mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat penyelenggaraan event besar skala nasional maupun internasional di tiga Provinsi teritorialnya.

Mengingat Kodam IX/Udayana selaku Komando Operasi Pengamanan VVIP (Koopspam VVIP), pihaknya terus meningkatkan skill dan kemampuan pasukannya dalam pengamanan VVIP  di kawasan Nusa Dua. 

Sebagai satuan militer di garda terdepan negara Indonesia, Kodam IX/Udayana berupaya untuk bertanggung jawab dalam pengamanan negara.

"Dengan berakhirnya latihan ini, masing-masing personel dapat dengan jelas mengetahui dan memahami tugas serta tanggung jawabnya dalam setiap melaksanakan tugas pengamanan VVIP di lapangan," ujar Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto.

"Latihan Pengamanan VVIP sangat penting dilaksanakan mengingat wilayah teritorial yang menjadi tanggung jawab Kodam IX/Udayana meliputi Provinsi Bali, NTB dan NTT sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan even-even berskala Nasional maupun Internasional,"

"Sehingga Kodam IX/Udayana harus selalu siap untuk mengamankan setiap even yang tergelar, agar dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar," lanjutnya.

Benny menambahkan, baik teori maupun praktek yang sudah diajarkan saat latihan, serta dibuat Protap pengamanan yang bertujuan agar dapat dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas pengamanan VVIP kedepannya.

"Dengan menguasai materi pengamanan secara optimal, maka akan dapat mencegah, menanggulangi dan mengatasi setiap ancaman, tantangan serta gangguan potensial terhadap obyek Pam VVIP secara profesional dan proporsional," terangnya. (*) 

Penulis: Firizqi Irwan
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved