SMA Saraswati Melaya Hanya Dapat Enam Siswa

SMA (SLUA) Saraswati hanya mendapat enam siswa untuk tahun ajaran 2019 ini. Tentu saja, jumlah ini menjadi keprihatinan bagi pihak sekolah

SMA Saraswati Melaya Hanya Dapat Enam Siswa
Ilustrasi: Tribun Bali/Dwi Suputra
Ilustrasi PPDB 2019 - SMA Saraswati Melaya Hanya Dapat Enam Siswa 

SMA Saraswati Melaya Hanya Dapat Enam Siswa

TRIBUN-BALI.COM, JEMBRANA - SMA (SLUA) Saraswati hanya mendapat enam siswa untuk tahun ajaran 2019 ini. Tentu saja, jumlah ini menjadi keprihatinan bagi pihak sekolah.

Selain persoalan biaya bulanan, SMA SLUA terancam tidak bisa mendapat BOSDA (Bantuan Operasional Daerah) dari Pemerintah Provinsi Bali.

Kepala Sekolah SMA SLUA Saraswati Melaya, Dewa Gede Mawa menyatakan, gelombang II PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) membuat kondisi penerimaan siswa menjadi tidak menguntungkan.

Terutama, bagi SMA/SMK Swasta di Jembrana, pada khususnya. Kondisi ini jelas membuat praktik belajar mengajar akan berpengaruh pada honorarium guru.

"Kami tentu saja seperti hidup segan mati tak mau. Tahun ini hanya mendapat enam siswa. Bagaimana kami bisa membayar honorarium guru dan operasional lainnya," ucapnya, Jumat (12/7/2019).

Mawa mengaku paling tidak dalam satu angkatan itu ia membutuhkan 20 hingga 30 siswa.

Selain, memenuhi kuota untuk bisa memenuhi standardisasi peserta didik. Juga bisa mendapat BOSDA, karena diwacanakan swasta akan mendapatkannya pada tahun 2019 ini. Dan SMA Swasta memang mengandalkan biaya bulanan yang dibayarkan oleh siswa.

Baca: Kelian Dinas dan Adat Tersangka Pungli Kipem

Baca: Orangtua Tolak Upaya Diversi Tiga Tersangka, Ngotot Kasus Penganiayaan Lanjut Pengadilan

Jika situasi seperti ini, maka berpengaruh pada pembiayaan ATK (Alat Tulis Kantor) dan biaya operasional lainnya, yang membutuhkan Rp 12 juta paling tidak setiap bulannya.

"Paling tidak satu bulan kami butuh Rp 12 juta untuk biaya operasional dan ATK serta kebutuhan lainnya," ungkapnya.

Halaman
123
Penulis: I Made Ardhiangga Ismayana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved