CERPEN - Filsafat Selesai di Tempat Parkir

Gede Merta melangkah lesu menuju tempat parkir. Bimbingan skripsinya kali ini sudah yang keduabelas

CERPEN - Filsafat Selesai di Tempat Parkir
Tribun Bali/Istimewa
Ilustrasi Buku - CERPEN - Filsafat Selesai di Tempat Parkir 

Filsafat Selesai di Tempat Parkir

Cerpen Gede S Putra

TRIBUN-BALI.COM - Gede Merta melangkah lesu menuju tempat parkir. Bimbingan skripsinya kali ini sudah yang keduabelas. Namun masih berkutat di Bab I, dan nampaknya tidak akan pernah beranjak ke Bab II.

Langkahnya gontai, menenteng map berisi skripsi penuh coretan menuju tempat parkir. Apa yang telah diketiknya tidak pernah benar di mata dosen pembimbingnya. Di tempat parkir walau ada tulisan ‘Kawasan Tanpa Asap Rokok’ Gede Merta menyulut rokoknya sambil berpikir, “Tentu ada yang salah selama ini, aku harus membuat perhitungan dengannya,” batinnya sambil menghisap rokok.

Sampai di rumah, Gede Merta masih berpikir soal skripsi, yang selalu ditemukan kesalahan. Sambil menyuap nasi dia berpikir, bisa jadi dosennya terlalu kolot, bodoh atau terlalu pintar dan bias jadi tahunya hanya sebatas Padangbai-Gilimanuk, “Atau aku yang sok pintar, atau saya yang salah ambil jurusan,” batinnya.

Mengobati kekesalannya, Gede Merta menenggak arak. Dia bukanlah peminum, hanya sesekali bila ada acara bazaar di banjar. Dalam mabuknya berulang menyebut, “Agama, arak dan filsafat, memiliki sifat yang sama! Sama-sama memabukkan,” racaunya.

Ditenggaknya lagi satu sloki arak sambil meracau, “Agama buatan manusia, arak buatan manusia dan filsafat juga buatan manusia. Hasilnya, memabukkan!”.

Maka seluruh makanan dan arak dalam perutnya keluar, muntah di serambi depan rumahnya. Ibunya berusaha menenangkan.

“Dosen brekele, killer, besok aku bawakan kapak ke rumahnya. Kutantang dia berkelahi, sampai salah satu ada yang mati,” jeritnya sambil muntah-muntah.

Gede Merta tersadar sudah di tempat tidur. Samar-samar didengarnya wejangan ibunya, wejangan yang selalu berulang,

Halaman
1234
Editor: Irma Budiarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved