Pelindo III Gelontorkan Rp 1 M, 13 UMKM Jadi Mitra Binaan, Didominasi Bidang Perikanan & Perdagangan

Hingga Juni 2019, BUMN Pelindo III telah menggelontorkan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dengan total Rp 17,5 miliar

Pelindo III Gelontorkan Rp 1 M, 13 UMKM Jadi Mitra Binaan, Didominasi Bidang Perikanan & Perdagangan
Pelindo III
I Wayan Eka Saputra, CEO Pelindo III Regional Banyuwangi, Bali, Nusa Tenggara. Pelindo III Gelontorkan Rp 1 M, 13 UMKM Jadi Mitra Binaan, Didominasi Bidang Perikanan & Perdagangan 

Pelindo III Gelontorkan Rp 1 M, 13 UMKM Jadi Mitra Binaan, Didominasi Bidang Perikanan & Perdagangan

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Hingga Juni 2019, BUMN Pelindo III telah menggelontorkan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dengan total Rp 17,5 miliar.

Dana diberikan ke masyarakat, khususnya di sekitar pelabuhan di 7 provinsi yang dikelola Pelindo III.

Dana ini terbagi menjadi dua program, yaitu Bina Lingkungan sebesar Rp 12,5 miliar, dan program Kemitraan sebesar Rp 5 miliar.

Program kemitraan digunakan untuk membantu UMKM di sekitar pelabuhan seperti home industry atau industri rumahan.

Jumlah UMKM yang menjadi mitra binaan Pelindo III, totalnya 2.800 tersebar di 7 provinsi di Indonesia, dan salah-satunya Bali.

Program ini tiap tahun dilakukan oleh Pelindo III dengan dana yang diambil dari laba BUMN tersebut.

Basarnas Gelar Rakor Guna Tingkatkan Sinergitas Bersama Potensi SAR Provinsi Bali

Mimpi Suami Selingkuh dengan Mantan Pacar? Ternyata Ini Artinya

“Contoh program Kemitraan Pelindo III di antaranya disalurkan di Bali beberapa waktu lalu. Berupa pinjaman lunak sebagai suntikan modal kerja untuk 13 UMKM milik warga di sekitar Pelabuhan Benoa yang dikelola Pelindo III. Ada 13 industri rumahan penerima bantuan yang bergerak di bidang perikanan dan jasa perdagangan. Kebanyakan berasal dari Kabupaten Badung dengan total nilai bantuan sebesar Rp 1,06 miliar,” kata I Wayan Eka Saputra, CEO Pelindo III Regional Banyuwangi, Bali, Nusa Tenggara kepada Tribun Bali, Minggu (14/7/2019).

Ia menjelaskan, sebelum menjadi mitra binaan Pelindo III dan mendapatkan bantuan, para UMKM mengikuti seleksi di Kantor Pelindo III Pelabuhan Benoa.

Tahap pertama, kata dia, pengajuan proposal, dilanjutkan tahap seleksi dan survei. Lalu diusulkan ke kantor pusat untuk kemudian diputuskan.

Halaman
123
Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved