Surat Edaran Pembuatan Ecobrick di Tabanan, Solusi Nyata Pengurangan Sampah Plastik

Dinas Pendidikan Tabanan menerbitkan surat edaran yang berisi ajakan mengurangi sampah plastik dengan mengolahnya menjadi ecobrick

Surat Edaran Pembuatan Ecobrick di Tabanan, Solusi Nyata Pengurangan Sampah Plastik
DLH Tabanan
MANFAATKAN SAMPAH - Inovasi penanggulan sampah plastik dengan ecobrick di SDN 1 Mambang, Kecanatan Selemadeg Timur, Tabanan, belum lama ini. Surat Edaran Pembuatan Ecobrick di Tabanan, Solusi Nyata Pengurangan Sampah Plastik 

Surat Edaran Pembuatan Ecobrick di Tabanan, Solusi Nyata Pengurangan Sampah Plastik

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Dinas Pendidikan Tabanan menerbitkan surat edaran yang berisi ajakan mengurangi sampah plastik dengan mengolahnya menjadi ecobrick. Satu di antaranya dengan membuat batu bata dari limbah.

Ecobrick adalah botol plastik yang diisi oleh sampah dengan padat. Ajakan ini diserukan kepada seluruh elemen dan ditekankan kepada pelajar dan PNS di lingkungan Pemkab Tabanan.

Khusus untuk para pelajar, rencananya hasil dari pembuatan ecobrick ini akan dikumpulkan terlebih dahulu, kemudian akan dikumpulkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabanan dan menjadi sebuah karya artistik.

Contoh yang sudah menerapkan ecobrick adalah SDN 1 Mambang, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, Bali.

"Ecobrick menjadi solusi masalah sampah plastik yang sederhana. Selain ramah lingkungan, juga mempunyai berbagai manfaat dan mudah dibuat," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Tabanan, I Wayan Miarsana, Minggu (14/7/2019).

WBP Lapastik Bangli Perkenalkan Tas Wanita Berbahan Koran

650 Hektare Persawahan di Denpasar hingga Oktober Tak Bisa Ditanami Padi

Selain memiliki manfaat untuk lingkungan, tentunya juga akan membina para pelajar dan ASN, khususnya tentang pentingnya pengolahan sampah plastik atau limbah.

Kata dia, surat edaran ini diterbitkan untuk pembuatan ecobrick di seluruh sekolah dan untuk PNS di lingkungan Pemkab Tabanan.

"Pastinya akan bertahap dan nantinya bisa membiasakan anak-anak mengumpulkan sampah plastik, intinya jangan sampai di sekolah masih ada sampah plastik berserakan. Sebab sampah sudah menjadi persoalan," jelasnya.

Miarsana mengharapkan, dengan kegiatan pembuatan ecobrick yang bekerjasama dengan DLH Tabanan akan bisa terus berlangsung sehingga sampah plastik nantinya bisa berkurang.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved