Tidur Singkat 'Power Nap' Efektif Mengatasi Masalah Kurang Tidur, Seperti Apa?

Benarkah power nap ini benar-benar efektif mengembalikan waktu tidur kita yang kurang?

Tidur Singkat  'Power Nap' Efektif Mengatasi Masalah Kurang Tidur, Seperti Apa?
kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM - Kamu mungkin pernah mendengar istilah " power nap".

Power nap adalah istirahat dengan periode singkat yang bisa membuat tubuh seperti hidup kembali, karena mendapatkan kembali energi yang kita keluarkan setelah beraktivitas seharian penuh.

Meski singkat, power nap efektif untuk mengatasi masalah kurang tidur yang dialami mahasiswa atau pekerja yang baru saja menghabiskan waktu kerja panjang.

Namun, benarkah power nap ini benar-benar efektif mengembalikan waktu tidur kita yang kurang?

"Ya, tidur singkat atau power nap benar-benar bekerja," kata Profesor Ilmu Psikiatri dan Perilaku dari Stanford Center For Sleep Sciences and Medicine, Rafael Pelayo, MD.

Meskipun titik kepuasan power nap biasanya dicapai dalam durasi tidur 30 hingga 40 menit, jika kamu memiliki waktu untuk tidur singkat ketika membutuhkannya, kamu bisa melakukannya dan mendapatkan suntikan energi segera.

Orang-orang yang berjuang mengatasi narkolepsi atau gangguan tidur kronis, power nap yang terjadwal bisa menjadi pengobatan yang efektif.

Ketika menjalaninya, kamu harus benar-benar memerhatikan apa yang terjadi pada durasi tidur singkat tersebut.

Pelayo menjelaskan, biasanya tubuh kita membutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk mencapai fase Rapid Eye Movement (REM) atau periode di mana kita biasa mengalami mimpi.

Jika tidak mendapatkan tidur cukup di malam hari, periode REM biasanya terlewatkan.

Kemudian tubuh akan merespons langsung ke periode REM ketika kita punya kesempatan untuk tidur.

Pada praktik ini, jika kamu ingat mimpi apa yang kamu miliki selama tidur singkat 10 hingga 20 menit, maka artinya tubuhmu berteriak bahwa sebelumnya tidak cukup tidur.

Power nap akan terasa memuaskan dan mampu membantu kita menutup kekurangan tidur, namun jika kita bergantung pada power nap secara rutin dan mengalami tidur nyenyak hingga bermimpi pada periode tersebut, maka kita perlu mengevaluasi jadwal tidur kita dan perlu tidur lebih lama di malam hari. Nah, apakah kamu mengalami masalah tidur seperti ini? (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal Power Nap, Tidur Singkat yang Efektif Kembalikan Energi", .
Penulis : Nabilla Tashandra
Editor : Bestari Kumala Dewi

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved