Pararem dan Perda KTR di Klungkung Masih Jadi Pro-Kontra, Pemkab Diminta Sediakan Smoking Area

Setelah mengeluarkan peraturan, Pemkab Klungkung juga diminta menyediakan area merokok atau smoking area di ruang publik hingga kantor-kantor

Pararem dan Perda KTR di Klungkung Masih Jadi Pro-Kontra, Pemkab Diminta Sediakan Smoking Area
pexel.com
Ilustrasi perokok. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Pararem dan Perda Klungkung No 1 Tahun 2014 tentang KTR, memicu pro-kontra di masyarakat.

Setelah mengeluarkan peraturan, Pemkab Klungkung juga diminta menyediakan area merokok atau smoking area di ruang publik hingga kantor-kantor.

Anggota Komisi II DPRD Klungkung, I Komang Suantara mengatakan, perda ini dimaksudkan bukan untuk melarang orang merokok seperti yang ditafsirkan banyak masyarakat. Namun hanya bersifat mengatur.

"Seharusnya pemkab menyediakan fasilitas atau ruang bagi warga yang merokok. Misalnya di kantoran atau di publik area lainnya, harus disediakan ruangan khusus merokok sehingga tidak menganggu masyarakat lainnya " ujar Suantara, Senin (15/7/2019).

Suantara menilai, masih perlu dilakukan sosialisasi ke masyarakat terkait isi dan cakupan Perda maupun Pararem KTR yang diinisasi Pemkab.

Jangan sampai pro dan kontra tentang aturan ini dibiarkan hingga membias kemana-mana

"Pemkab harus jelaskan poin demi poin aturan KTR ini, jangan dibiarkan pro-kontra liar seperti saat ini. Tegaskan aturan ini bukan melarang merokok, tapi mengatur. Dipersilakan merokok, asal pada tempatnya," pesannya.

Ia juga mengatakan, pararem tentang rokok yang diiniasi Pemkab dan disepakati oleh bendesa seluruh Kabupaten Klungkung, jangan sampai tumpang tindih dengan Perda KTR.

"Dari pada membuat aturan tapi tidak dijalankan oleh masyarakat. Mending yang digencarkan edukasi ke masyarakat tentang bahaya dari rokok," ungkap Suantara.

Kasat Reskrim Klungkung AKP Mirza Gunawan juga turut berkomentar ihwal aturan ini.

Halaman
123
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved