Dinas Pariwisata Akan Gelar Empat Festival, Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Karangasem

Pemda Karangasem terus melakukan promosi pariwisata untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik ke Karangasem

Dinas Pariwisata Akan Gelar Empat Festival, Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Karangasem
Tribun Bali/Saiful Rohim
Objek wisata Taman Sokasada, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem. Pengunjung terlihat ramai datang, dan berswafoto, Rabu (17/7/2019). Dinas Pariwisata Akan Gelar Empat Festival, Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Karangasem 

Dinas Pariwisata Akan Gelar Empat Festival, Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Karangasem

TRIBUN-BALI.COM, KARANGASEM - Pemerintah Daerah (Pemda) Karangasem terus melakukan promosi pariwisata untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik ke Karangasem.

Di antaranya dengan menggelar berbagai festival di beberapa objek wisata di Karangasem.

Rabu (17/7/2019), Kepala Dinas Pariwisata Karangasem, I Ketut Sedana Merta mengaku tahun 2019 ini Dinas Pariwisata menggelar 4 festival.

Yakni Tirta Gangga Festival, Tulamben Festival, Tenganan Pegringsingan Festival, dan Sokasada Festival yang rencana dilaksanakan bulan Agustus 2019 mendatang.

KONI Buleleng Gelontorkan Dana Rp 834 Juta untuk Lomba Gerak Jalan 17 Agustus

Pemprov Siapkan Regulasi Perlindungan Sumber Air, Akan Petakan Potensi Sungai di Bali

"Festival ini masuk di program event tahunan. Anggarannya sekitar Rp 1,3 miliar lebih. Kegiatan ini bertujuan mendongkrak kunjungan wisatawan ke Karangasem," kata Sedana Merta, mantan Kepala Dinas Pkerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) ini.

Ditambahkan, kunjungan wisatawan mengalami peningkatan pasca digelar kegiatan tahunan. Dari data kunjungan hingga Juni 2019, kunjungan wisman mencapai 314.840 orang, sedangkan domestik sekitar 236.285 orang. Kunjungan tahun 2019 meningkat dibandingkan tahun lalu.

Wisman dan domestik rata-rata berkunjung ke Tirta Gangga, Pura Besakih, Amed, Tulamben, Telaga Waja, Yeh Malet, Tenganan Pegeringsingan, Candidasa, Padang Bai, Labuan Amuk, Bukit Surga Nampo, Taman Edelwis, Puri Agung Karangasem, Bukit Asah, Purwayu, Taman Sokasada.

Dewan Usulkan Anggaran Sektor Pertanian Ditingkatkan 3-5 Persen

Pendaftar Jalur Mandiri Tembus 3.833 Orang, Universitas Udayana Siapkan 1.800 Kursi

"Jumlah kunjungan wisatawan alami tiap tahun. Sayangnya, wisatawan yang menginap di Karangasem belum begitu banyak. Misalnya wisatawan yang diving di Tulamben banyak tiap hari, cuma yang nginap di Tulamben sedikit," tambahnya.

Sedana Merta yang baru menjabat Kepala Dinas Pariwisata beberapa hari ini berjanji akan berupaya meningkatkan kunjungan, dan berusaha agar wisatawan menginap di Karangasem.

Pihaknya juga akan mempromosikan objek wisata Karangasem ke luar dan dalam negeri.

Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Karangasem dari sektor pariwisata.

Untuk diketahui, sektor pariwisata adalah penyumbang PAD terbanyak di Karangasem setelah pajak dari galian C. Seperti pajak hotel serta restauran, dan retribusi wisata.

(*)

Penulis: Saiful Rohim
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved