Bea Cukai Ngurah Rai Gagalkan Upaya Penyelundupan Kokain oleh WNA Peru Senilai Rp 2 Miliar Lebih

Bea Cukai Ngurah Rai berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika dari luar negeri

Bea Cukai Ngurah Rai Gagalkan Upaya Penyelundupan Kokain oleh WNA Peru Senilai Rp 2 Miliar Lebih
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Dua tersangka penyelundupan narkotika yang berhasil digagalkan Bea Cukai Ngurah Rai dihadirkan dalam press release, Jumat (19/7/2019). Bea Cukai Ngurah Rai Gagalkan Upaya Penyelundupan Kokain oleh WNA Peru Senilai Rp 2 Miliar Lebih 

Bea Cukai Ngurah Rai Gagalkan Upaya Penyelundupan Kokain oleh WNA Peru Senilai Rp 2 Miliar Lebih

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, KUTA - Pada tanggal 26 Juni dan 4 Juli 2019, Bea Cukai Ngurah Rai berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika dari luar negeri.

Upaya penggagalan penyelundupan pertama dilakukan di Terminal Kedatangan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, Rabu (26/6/2019), dan kedua di Kantor Pos Besar Renon Denpasar, Kamis (4/7/2019).

“Penindakan pada tanggal 26 Juni, kami lakukan di Terminal Kedatangan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai terhadap seorang pria asal Peru, Guido Tores Morrales (55), yang menggunakan modus swallow (telan), sedangkan penindakan pada tanggal 4 Juli, kami lakukan terhadap sebuah barang kiriman asal Jerman,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai, Himawan Indarjono, Jumat (19/7/2019).

Himawan menambahkan, penindakan di Terminal Kedatangan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai berhasil terungkap melalui prosedur pemeriksaan badan dan rontgen.

Guido Torres, Rabu (26/6/2019) sekitar pukul 16.00 Wita, tiba di Bandara Ngurah Rai dengan menumpang pesawat Emirates EK 450 rute Dubai-Denpasar. 

“Berdasarkan analisa terhadap penumpang, kami menduga ada hal mencurigakan sehingga kami melakukan proses pendalaman kepada yang bersangkutan dengan rontgen, dan ada benda mencurigakan dalam tubuhnya,” papar Himawan.

Kisah Fikri Pengamen yang Disiksa & Dipaksa Mengakui Pembunuhan oleh Polisi, Kini Balik Menuntut Ini

TRIBUN WIKI - 10 Toko Oleh-oleh Pie Susu di Kota Denpasar, Ada yang Buka 24 Jam

Setelah dilakukan upaya pengeluaran, kedapatan bahwa benda mencurigakan di dalam saluran pencernaan Guido Tores adalah sediaan narkotika jenis kokain, yang dikemas dalam 125 bungkusan plastik dengan berat total 950 gram netto disembunyikan dengan metode swallow (telan).

Menurut Himawan, kokain seberat 950 gram netto ditaksir memiliki nilai edar mencapai Rp 2,3 miliar lebih, dan diperkiraan nilai konsumsi sebanyak 4.750 orang. Dugaan awal kokain tersebut bukan dari Dubai.

“Dugaannya barang didapat bukan dari Dubai tetapi akan diedarkan di Bali,” imbuhnya.

Halaman
123
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved