Calon Menteri Jokowi dari PDIP di Tangan Megawati, Hasto Sebut Sudah Kantongi Nama Menteri dari Bali

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah mengatakan, nama-nama menteri yang akan dicalonkan PDIP untuk kabinet kerja Joko Widodo jilid II

Calon Menteri Jokowi dari PDIP di Tangan Megawati, Hasto Sebut Sudah Kantongi Nama Menteri dari Bali
Dok Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi bersama cucunya, Jan Ethes turut dalam pawai Pesta Kesenian Bali 2019 di kawasan Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Sabtu (15/6/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah mengatakan, nama-nama menteri yang akan dicalonkan PDIP untuk kabinet kerja Joko Widodo jilid II akan ditentukan sang ketua umum, Megawati Soekarnoputri.

Megawati akan menggunakan hak prerogatifnya sebagai ketua umum untuk mencalonkan, namun menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi untuk menempatkan kader PDI-P dalam formasi kabinet.

"Jadi khusus kader PDIP yang akan jadi menteri, itu akan melalui dua instansi prerogatif. Pertama, prerogatif ketua umum PDIP untuk mengusulkan kepada presiden. Kedua, wewenang presiden dalam menentukan nama-nama menterinya," kata Basarah saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/7).

Hanya saja, saat ini Megawati belum menggunakan wewenangnya untuk menentukan nama-nama kader yang layak menjadi menteri.

"Karena Ibu Mega masih memberikan kesempatan kepada Pak Jokowi untuk menyelesaikan hal-hal yang fundamental demi kepentingan bangsa yang lebih besar," tandasnya.

Diketahui ada daftar nama menteri kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin beredar luas di media sosial dan aplikasi berbagi pesan.

Kali ini, daftar nama tersebut dalam bentuk dokumen risalah rapat yang mencantumkan lambang Garuda pada bagian kop surat.

Di bagian bawah, terdapat tulisan "Koalisi Indonesia Maju Republik Indonesia. Risalah Rapat Pengangkatan Menteri Pembantu Presiden dalam Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019-2024".

Terdapat pula tulisan bahwa rapat itu diagendakan Minggu, 14 Juli 2019, di Ruang Rapat Sentul City International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, seusai acara pidato Jokowi bertajuk "Visi Indonesia".

Informasi lain dalam risalah itu, rapat dipimpin Jokowi, Ma'ruf Amin, ketua umum dan sekjen partai koalisi serta Ketua TKN Erick Thohir. Lalu di bawahnya ada daftar lengkap nama menteri kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Halaman
1234
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved