Hasil Evaluasi Sertifikasi Pelayanan PKP-PK: Bandara Ngurah Rai Dinyatakan Laik Operasi

Bandara tersibuk ketiga di Indonesia ini mendapatkan evaluasi sertifikasi pelayanan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran

Hasil Evaluasi Sertifikasi Pelayanan PKP-PK: Bandara Ngurah Rai Dinyatakan Laik Operasi
Kepala Otban Wilayah IV Bali
Kegiatan Evaluasi Sertifikasi pelayanan PKP-PK di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dilaksanakan selama 3 hari dimulai tanggal 17 - 19 Juli 2019. Hasil Evaluasi Sertifikasi Pelayanan PKP-PK: Bandara Ngurah Rai Dinyatakan Laik Operasi 

Hasil Evaluasi Sertifikasi Pelayanan PKP-PK: Bandara Ngurah Rai Dinyatakan Laik Operasi

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, KUTA - Setelah Flight Calibration ILS (Rwy 27) dan PAPI (Rwy 27 dan 09) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dikalibrasi beberapa waktu lalu, kini bandara tersibuk ketiga di Indonesia ini mendapatkan evaluasi Sertifikasi Pelayanan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK).

Kegiatan Evaluasi Sertifikasi pelayanan PKP-PK di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dilaksanakan selama 3 hari dimulai tanggal 17 - 19 Juli 2019.

Kegiatan evaluasi dilakukan oleh Tim Inspektur bidang PKP-PK & Salvage dari Direktorat Bandar Udara, didampingi Tim Inspektur bidang PKP-PK & Salvage Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bali.

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bali, Elfi Amir menyampaikan kegiatan tersebut didasari oleh Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: KP 458 Tahun 2015 tentang Sertifikasi Pelayanan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Bandar Udara.

Mahasiswa KKN Curi HP Warga, Ngaku untuk Dipakai Sendiri

Ringin Belum Terima Surat Penahanan Simpul, Kasus Korupsi Dana Hibah Pembangunan Pura Paibon Tutuan

"Dimana dalam peraturan itu, khususnya pasal 12 (2) peraturan tersebut menyebutkan bahwa Sertifikat Pelayanan PKP-PK dilakukan evaluasi sekurang-kurangnya setahun sekali," ungkap Elfi Amir, Jumat (19/7/2019).

Ia menambahkan, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang pada tahun 2016 telah dilakukan Sertifikasi Pelayanan PKP-PK untuk kategori 9 pelayanan PKP-PK dan telah dinyatakan lulus dan berhak menerima Sertifikat Pelayanan PKP-PK, maka waktu untuk dilaksanakan evaluasi sudah tepat.

Evaluasi yang dilaksanakan terdiri dari pemeriksaan dan pengujian, dengan aspek-aspek di antaranya pemeriksaan organisasi PKP-PK, pemeriksaan SOP/instruksi kerja, pemeriksaan prasarana PKP-PK.

Kasus Pernikahan Sepupu Tanpa Restu di Negara Berakhir Penjara, Pasutri Ini Mengaku Menyesal

Sudarma Meradang Pesangon Tak Dibayar, Perusda Mengaku Perusahaan Belum Punya Dana

Selain itu juga pemeriksaan personel PKP-PK yang berlisensi, pemeriksaan kendaraan utama dan pendukung PKP-PK, pemeriksaan cadangan bahan pemadam, pemeriksaan peralatan pendukung dan penunjang operasional PKP-PK, pengujian kelaikan (andal) kendaraan Utama PKP-PK, pengujian waktuktu bereaksi (response time).

"Hasil pelaksanaan evaluasi Sertifikasi Pelayanan PKP-PK menyatakan pelayanan PKP-PK Kategori 9 Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai lulus dan fasilitas sarana dan prasarananya laik operasi," imbuh Elfi.

Selanjutnya Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai berkewajiban mempertahankan tingkat pelayanan PKP-PK yang telah ditetapkan, dan melaksanakan kewajiban-kewajiban lain yang telah ditentukan bagi pemegang Sertifikat Pelayanan PKP-PK, termasuk dilaksanakannya kembali evaluasi 3 tahun mendatang.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved