Kisah Prajurit RPKAD Bingung Kena Damprat Saat Geger 1965 di Kantor RRI, Sarwo Edhie Murka oleh Ini

Sejarah militer Indonesia mencatat, sosok Letnan Jenderal (Letjen Purn) Sarwo Edhie Wibowo merupakan salah satu perwira tinggi di jajaran TNI AD

Kisah Prajurit RPKAD Bingung Kena Damprat Saat Geger 1965 di Kantor RRI, Sarwo Edhie Murka oleh Ini
Wikipedia
Sintong Panjaitan dan Komandan RPKAD Letjen (Purn) Sarwo Edhie. 

TRIBUN-BALI.COM -- Sejarah militer Indonesia mencatat, sosok Letnan Jenderal (Letjen Purn) Sarwo Edhie Wibowo merupakan salah satu perwira tinggi di jajaran TNI AD yang paling bersinar dalam kiprahnya. 

Mengawali karirnya di dunia militer sebagai prajurit Pembela Tanah Air  (PETA), Sarwo Edhie Wibowo muda digembleng sebagai prajurit tangguh di era pecahnya revolusi kemerdekaan Republik Indonesia. 

Kiprahnya semakin tersorot dan kian menanjak saat geger peristiwa 1965.

Kendati demikian, sikap tegasnya sebagai seorang tentara  kerap muncul saat mengetahui bawahannya melaksanakan operasi dinilai tidak tuntas dengan sempurna. 

Satu diantara bawahannya yang pernah dimarahi adalah prajurit muda Sintong Panjaitan

Dikutip dari Surya, sebagai seorang perwira tinggi TNI, Letjen (Purn) Sarwo Edhie Wibowo, pernah memarahi seorang prajurit kopassus muda gara-gara rekaman. 

Seperti dilansir dari buku 'Sintong Panjaitan Perjalanan Seorang Prajurit Para Komando' karya Hendro Subroto, prajurit kopassus muda yang kena marah Sarwo Edhie Wibowo tak lain adalah Sintong Panjaitan. 

Ketika itu Sarwo Edhie Wibowo tengah menjabat sebagai kompandan RPKAD (sekarang kopassus), dan diperintahkan oleh Soeharto untuk merebut RRI pusat dari tangan PKI. 

Perintah perebutan RRI pusat dari tangan PKI turun berjenjang dari Sarwo Edhie Wibowo ke Mayor C.I. Santoso, Lettu Feisal Tanjung dan akhirnya sampai ke Sintong.

Peleton 1 pimpinan Sintong pun langsung melaksanakan perintah tersebut.

Halaman
1234
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved