Harus Keluarkan Rp 141 Miliar Per Tahun, Pemkot Denpasar Keberatan Tipping Fee Sampah

jika besaran tipping fee dikenakan di angka Rp 435 ribu per ton, maka anggaran yang harus digelontorkan Pemkot mencapai Rp 141 miliar per tahun

Harus Keluarkan Rp 141 Miliar Per Tahun, Pemkot Denpasar Keberatan Tipping Fee Sampah
Tribun Bali/Rizal Fanany
Gunungan sampah di TPA Suwung, Denpasar, Sabtu (20/7/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Progres pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di TPA Suwung, Denpasar terus dikejar.

Presiden Jokowi tampaknya mulai gerah karena 12 daerah percontohan yang ditunjuk untuk membangun PLTSa tak kunjung menunjukkan progres nyata.

Selasa (16/7/2019) lalu, sejumlah kepala daerah, termasuk Pemkot Denpasar diundang ke Jakarta untuk membahas komitmen ini lebih jauh.

Pemkot Denpasar diwakili oleh Wakil Wali Kota IGN Jaya Negara dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Ketut Wisada.

Ketut Wisada mengatakan, dalam pertemuan itu pihaknya mengajukan keberatan atas rencana penerapan tipping fee yang terlalu tinggi.

Sebelumnya, berdasarkan Feasibility Study (FS), besaran tipping fee (biaya operasional kepada pengelola sampah) jika ada PLTSa di TPA Suwung berkisar antara Rp 435 ribu hingga Rp 500 ribu per ton sampah.

''Jumlah itu meski di bilangan 435 ribu (rupiah) bagi kita masih terlalu tinggi. Saya bilang kalau kajian FS masih perlu dikaji ulang, ada sejumlah data yang tidak cocok,'' ungkap Wisada saat dikonfirmasi, Sabtu (20/7/2019).

Sebagai contoh, lanjut Wisada, jika besaran tipping fee dikenakan di angka Rp 435 ribu per ton, dengan produksi sampah harian di Denpasar mencapai 900 ton, maka anggaran yang harus digelontorkan Pemkot mencapai sekitar Rp 141 miliar.

''Sekitar biaya segitulah angka yang harus dikeluarkan tiap tahunnya. Bagi Pemkot Denpasar itu berat. Jadi sampai sekarang belum ada deal soal itu (tipping fee),'' katanya.

Belum lagi, tambah dia, soal hitungan produksi sampah di Denpasar menurut kajian tim FS rupanya berbeda dengan data DLHK.

Halaman
123
Penulis: eurazmy
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved