Oknum Nakal Bawa Sapi Keluar Bali Pakai Sertifikat Karantina Pinjaman

Arus lalu lintas komoditas yang sangat tinggi ini dijadikan celah untuk bermain nakal oleh oknum untuk membawa sapinya keluar Bali

Oknum Nakal Bawa Sapi Keluar Bali Pakai Sertifikat Karantina Pinjaman
Tribun Bali/I Gede Jaka Santhosa
Ilustrasi. Foto tidak terkait berita. Petugas Dinas Peternakan Kabupaten Jembrana melakukan pemeriksaan kesehatan sapi Bali belum lama ini. Oknum Nakal Bawa Sapi Keluar Bali Pakai Sertifikat Karantina Pinjaman 

Oknum Nakal Bawa Sapi Keluar Bali Pakai Sertifikat Karantina Pinjaman

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Arus lalu lintas komoditas karantina khususnya hewan kurban seperti sapi dan kambing jelang hari raya Idul Adha.

Dari data sistem otomasi perkarantinaan, IQFAST di wilayah Karantina Pertanian Denpasar, tercatat pengeluaran sapi melalui Karantina Gilimanuk di awal bulan Juli sampai 21 Juli 2019 tercatat sebanyak 18.044 ekor sapi.

Jauh meningkat dibandingkan bulan-bulan biasa yang hanya mencapai pengeluaran 2.000 ekor per bulannya.

“Kuota pengeluaran sapi dari Bali 48.000 ekor per tahun 2019, dengan jumlah total pengeluaran dari Januari 2019 sampai kemarin sudah mencapai 37.244 ekor," jelas Kepala Seksi Karantina Hewan, Gde Widiarsa Putra, Senin (22/7/2019).

Namun peningkatan arus lalu lintas komoditas yang sangat tinggi ini dijadikan celah untuk bermain nakal oleh oknum untuk membawa sapinya keluar Bali. 

Jelang Galungan BRI Siapkan Rp 352 Miliar Uang Kartal

Rancangan KUA dan PPAS Kota Denpasar Tahun Anggaran 2020 Defisit Rp 194,63 Miliar

Berbekal pinjaman sertifikat karantina (KH11) dari pengusaha sapi lainnya yang tidak dilaporkan kepada petugas karantina, oknum ini berusaha mengelabui petugas karantina dengan membawa 31 ekor sapi lainnya keluar Bali

Hal ini diketahui oleh petugas piket Karantina Pertanian di Wilayah Kerja Ketapang, Karantina Pertanian Surabaya.

Petugas dari dua wilayah kerja ini pun berkoordinasi dan memutuskan untuk dilakukan penolakan komoditas ternak dengan tujuan Bekasi.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved