Empat Ruas Jalan Dapat Perbaikan, Pemkab Fokus Perbaikan di Tabanan Barat

Tahun 2019 ini empat ruas jalan di Kecamatan Selemadeg Barat dan Timur akan mendapatkan perbaikan jalan dengan panjang sekitar 6.9 kilometer

Empat Ruas Jalan Dapat Perbaikan, Pemkab Fokus Perbaikan di Tabanan Barat
Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Salah satu kondisi jalan rusak di wilayah Kecamatan Marga, Tabanan, beberapa waktu lalu. Empat Ruas Jalan Dapat Perbaikan, Pemkab Fokus Perbaikan di Tabanan Barat 

Empat Ruas Jalan Dapat Perbaikan, Pemkab Fokus Perbaikan di Tabanan Barat

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Berita Tabanan hari ini, Kecamatan Selemadeg Barat dan Kecamatan Selemadeg Timur kini bisa bernapas lega.

Sebab, tahun 2019 ini empat ruas jalan di dua kecamatan tersebut akan mendapatkan perbaikan jalan dengan panjang sekitar 6.9 kilometer.

Anggaran yang digunakan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Menurut data yang berhasil diperoleh, perbaikan yang dimaksud adalah empat paket jalan yang mendapat perbaikan jalan adalah paket I Jalan Mekayu-Pancoran sepanjang 2,900 kilometer, paket II peningkatan jalan Selabih-Bukit Tumpeng sepanjang 4,000 kilometer di Selemadeg Barat.

Paket III peningkatan jalan Beranjingan-Kelecung sepanjang 5.100 kilometer dan paket IV Jelijih-Munduk Ulan 1.500 kilometer di Kecamatan Selemadeg Timur.

"Astungkara, tahun ini kita dapat perbaikan empat ruas jalan yang anggarannya bersumber dari DAK," ujar Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Penataan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Kabupaten Tabanan I Gde Made Partana saat dihubungi, Selasa (23/7/2019).

Partana melanjutkan, empat ruas jalan tersebut sudah mulai dikerjakan per tanggal 11 Juli 2019 diawali dengan pengukuran awal.

Bantuan perbaikan empat ruas jalan tersebut diperoleh setelah melalui beberapa tahap seperti pengajuan proposal di tahun sebelumnya dan kemudian diseleksi.

Bahkan, tahun lalu proposal yang diajukan lebih dari 20 ruas, namun yang baru disetujui hanya empat ruas.

"Itu karena ditentukan di pusat, jadi kita mengajukan dari sini di kabupaten. Setelah itu baru ada tahap verifikasi," jelasnya.

Disinggung mengenai mengapa hanya dilakukan perbaikan di dua kecamatan tersebut, Partana mengakui memang sedang fokus memperbaiki jalan kategori rusak di bagian Tabanan Barat.

"Prioritas kami tahun ini memang di bagian barat dulu. Selain karena memang kondisinya (jalan) yang rusak berat perlu perbaikan, juga akan dilakukan bertahap," katanya.

Dan saat ini, kata dia, pemerintah sedang melakukan pendataan mengenai jalan yang rusak untuk selanjutnya diajukan proposal perbaikan ke pusat.

Besar harapannya agar jalan rusak di Tabanan mendapat perbaikan seluruhnya.(*)

Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved