Berita Banyuwangi

Festival Anak Banyuwangi - Permainan Tradisional Berkarakter Sebagai Detoks Gadget Bagi Anak

Pemkab Banyuwangi rutin menggelar sebuah pesta permainan tradisional berbalut ajang festival

Festival Anak Banyuwangi - Permainan Tradisional Berkarakter Sebagai Detoks Gadget Bagi Anak
Istimewa
Festival Anak Banyuwangi 

TRIBUN-BALI.COM,BANYUWANGI-Pemkab Banyuwangi rutin menggelar sebuah pesta permainan tradisional, yang dibalut ajang Festival Permainan Tradisional bagi anak-anak.

Ribuan pelajar SD-SMP memainkan aneka dolanan tradisional Nusantara dengan gembira. Ini sebagai detoks bagi anak-anak yang sulit lepas dari gadget.

Dengan kecanduan gadget, selain memengaruhi gaya bersosialisasi anak, juga menimbulkan gaya hidup kurang sehat pada anak.

Atas dasar itulah, lanjut Anas, Festival Permainan Tradisional rutin digelar di Banyuwangi dengan nama Festival Memengan yang dalam bahasa lokal berarti permainan.

Festival itu juga dihadiri Wakil Ketua KPK Saut Situmorang yang menilai permainan tradisional mampu menghidupkan nilai-nilai integritas pada jiwa anak sejak dini.

Mulai proses pembuatannya yang membutuhkan ketekunan, tidak bisa instan, hingga butuh kerja bareng saat memainkannya.

“Gotong royong sebagai intisari Pancasila juga diajarkan dalam banyak permainan tradisional, yang dalam beberapa tahun kita semarakkan dalam festival,” papar Anas.

Berbeda dengan gadget yang justru kerap membuat kita acuh dengan lingkungan.

Festival itu sendiri berlangsung semarak.

Namun, jangan bayangkan situasi mencekam di lokasi tersebut.

Peluru yang berdesing itu bukanlah peluru sungguhan, melainkan peluru kertas yang ditembakkan dari pistol-pistolan berbahan bambu.

Itu hanyalah mobil mainan.

Selain bedhil-bedhilan (tembak-tembakan) dan mobil-mobilan, ragam permainan tradisional lain dimainkan ribuan anak. Mulai congklak, engklek, lompat tali, jek-jekan, gobak sodor, egrang, hingga lompat tali. (*)

Editor: Alfonsius Alfianus Nggubhu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved