Gempa 4,9 SR Guncang Bali Saat Galungan, Begini Penjelasan BMKG Denpasar

Pagi ini, Rabu (24/7/2019) gempa berkekuatan 4,9 SR mengguncang Bali bertepatan dengan Hari Raya Galungan

Gempa 4,9 SR Guncang Bali Saat Galungan, Begini Penjelasan BMKG Denpasar
ist/BMKG
Gempa 4,9 SR guncang Bali hari ini, Rabu (24/7/2019). Gempa 4,9 SR Guncang Bali Saat Galungan, Begini Penjelasan BMKG Denpasar

Gempa 4,9 SR Guncang Bali Saat Galungan, Begini Penjelasan BMKG Denpasar

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ahmad Firizqi Irwan

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pagi ini, Rabu (24/7/2019) gempa berkekuatan 4,9 SR mengguncang Bali bertepatan dengan Hari Raya Galungan.

Informasi yang Tribun-Bali.com terima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang dirasakan sebagian masyarakat Bali ini terjadi pada pukul 09.29 Wita.

Pusat gempa terjadi di Jembrana, Bali dengan jarak 84 kilometer barat daya atau 8.98 lintang selatan, 114.17 bujur timur.

Kedalaman mencapai 71 kilometer dan dirasakan hingga Kuta, Denpasar, Banyuwangi, Jember, Gianyar, Tabanan, Lombok Utara.

Kepala BBMKG Wilayah III Denpasar, M Taufik Gunawan mengatakan gempa tersebut akibat adanya aktivitas subduksi dari lempeng Indo-Australia.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan juga kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi berkedalaman menengah ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia," ujarnya.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik mendatar (oblique thrust fault)," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan M Taufik Gunawan, gempa yang mengguncang Bali beberapa jam lalu, tidak menunjukkan adanya gelombang besar atau tidak berpotensi tsunami.

"Gempa bumi tidak berpotensi tsunami," lanjutnya.

Sementara itu, BBMKG Wilayah III Denpasar juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Serta memeriksa kembali apakah ada atau tidak kerusakan akibat guncangan gempa yang terjadi pagi ini.

(*)

Penulis: Firizqi Irwan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved