Hari Raya Galungan, Umat Hindu Padati Pura Agung Jagatnatha Denpasar

Made Langgeng menambahkan, sampai petang nanti diperkirakan akan ada lebih dari 5 ribu orang yang memadati Pura Agung Jagatnatha

Hari Raya Galungan, Umat Hindu Padati Pura Agung Jagatnatha Denpasar
Tribun Bali/M Firdian Sani
Suasana persembahyangan Galungan umat Hindu di Pura Agung Jagatnatha, Denpasar, Bali, Rabu (24/7/2019). Hari Raya Galungan, Umat Hindu Padati Pura Agung Jagatnatha Denpasar 

Hari Raya Galungan, Umat Hindu Padati Pura Agung Jagatnatha Denpasar

Laporan Wartawan Tribun Bali, M Firdian Sani

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Hari raya Galungan jatuh pada hari ini, Rabu (24/7/2019).

Umat Hindu di Bali melakukan persembahyangan di berbagai pura yang ada di Bali, tidak terkecuali Pura Agung Jagatnatha yang berlokasi di dekat Lapangan Puputan Badung ini.

Persembahyangan dimulai sejak pukul 07.00 Wita, sejak pagi umat Hindu sudah memadati pura dan terlihat bergantia masuk pura untuk sembahyang.

I Made Langgeng Buana, Sekretaris Paikatan Pemangku Kota Denpasar yang bertugas mengatakan, persembahyangan akan berakhir nanti malam antara pukul 10.00 Wita sampai pukul 01.00 dini hari.

"Galungan sudah secara aktif dilaksanakan setiap enam bulan sekali, tujuannya dari perayaan suci Galungan adalah merayakan kemenangan untuk melawan kebaikan dan keburukan," kata Made Langgeng.

Ia menambahkan, Galungan itu ada rangkaian upacaranya. Mulai dari sugian Jawa atau pembersihan alam semesta, sugian Bali atau pembersihan diri sendiri.

"Jadi dengan bersihnya alam semesta dan diri sendiri, dengan itu kita sudah siap untuk melaksanakan hari suci Galungan," jelasnya.

Ia menjelaskan, saat umanis Galungan umat dalam suasana baik dan akrab, maka mendatangi teman-teman atau saudara untuk saling maaf-maafan.

Halaman
12
Penulis: M. Firdian Sani
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved