Pecalang Selalu Siap Kawal Upacara Persembahyangan Hari Raya Galungan Di Pura Agung Jagatnatha

Ia mengaku sampai sejauh ini, persembahyangan umat Hindu di Pura Agung Jagatnatha masih kondusif dan tergolong aman.

Pecalang Selalu Siap Kawal Upacara Persembahyangan Hari Raya Galungan Di Pura Agung Jagatnatha
TRIBUN BALI / M. FIRDIAN SANI
Nyoman Gede Astama Rai selaku Ketua Pecalang Banjar Abasan saat dijumpai di Pura Agung Jagatnatha, Denpasar, Bali, Rabu (24/7/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pura Agung Jagatnatha, Denpasar, Bali, hari ini dipadati oleh Umat Hindu di Bali untuk melakukan persembahyangang hari suci galungan, Rabu (24/7/2019).

Sejak pukul 07.00 Wita masyarakat sudah terlihat memadati pura, mereka bergantian memasuki pura.

Nyoman Gede Astama Rai selaku Ketua Pecalang Banjar Abasan mengatakan kesiapannya untuk selalu mengawal masyarakat Hindu yang akan melakukan persembahyangan.

"Hari raya kita atensi untuk pengamanan, waspada dengan adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Kita sembahyang dengan hati yang suci dan bersih, dengan sikap yang baiklah, supaya keamanan kita bisa terjaga dengan bagus," kata Gede Astama.

Ia mengaku sampai sejauh ini, persembahyangan umat Hindu di Pura Agung Jagatnatha masih kondusif dan tergolong aman.

"Sejauh ini, astungkara ini masih aman-aman saja," ujarnya.

Bukan tanpa persiapan, dirinya mengaku sudah mempersiapkan sebanyak 14 personel pecalang yang siap mengawal keamanan upacara persembahyangan.

"Personel yang saya gerakkan berjumlah 14 personil, itu tanpa shift. Cuman saya bolehkan untuk istirahat atau makan," tuturnya.

Ia memperkirakan siang hari, pukul 13.00 Wita jumlah akan sedikit menurun karena masuk waktu istirahat. Namun, upacara kan terus berlanjut hinggal malam hari.

"Siang ada jeda istirahat, nanti lanjut lagi dari sore sampai malam Kita akan jaga, paling tidak sampai jam 10 atai jam 11 malam," ucap Gede Astama. (*)

Penulis: M. Firdian Sani
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved